4 Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Cukup Membahayakan

Posted on

Seringnya mengonsumsi makanan berlemak, mengandung minyak, pola hidup yang tidak sehat menyebabkan banyak sekali orang yang terkena kolesterol hingga berpengaruh pada jantung. Bahkan banyak pula kasus kematian yang disebabkan oleh kolesterol. Anda harus mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi pada seseorang sehingga nantinya bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasinya dan terhindar dari resiko jantung maupun stroke.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

Terlihat dari luar, penderita kolesterol sangatlah normal seperti orang biasa namun dibaliknya bisa saja terdapat tanda-tanda kolesterol yaitu:

tanda-tanda kolesterol tinggi, tanda-tanda kolesterol, kolesterol tinggi

  • Mengalami rasa nyeri pada bagian kaki

Klaudikasio merupakan sebuah tanda atau gejala umum dari kolesterol dimana kaki seseorang akan menjadi nyeri dan munculnya rasa yang tidak nyaman di bagian kaki. Hal ini dikarenakan bagian pembuluh darah arteri terhambat atau tersumbat sehingga darah yang seharusnya mengalir menuju kaki tidak lancar. Bahkan beberapa orang merasa jika kaki mereka lebih terasa berat dan cepat lelah jika digunakan. Buruknya lagi, rasa sakit bisa semakin menyebar di seluruh bagian kaki seperti paha, betis bahkan menuju pantat. Jika tidak dibuat berjalan maupun bergerak, maka rasa sakit akan hilang tapi rasa sakit itu akan datang kembali bila kaki digunakan untuk jangka waktu yang lama.

  • Merasakan kram di malam hari

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Darren Schneider, beliau menyampaikan jika pada saat seseorang tidur di malam hari maka mereka yang menderita kolesterol tinggi akan mengalami kram pada beberapa bagian tubuh dan seringkali terjadi pada kaki di bagian bawah, jari-jari dan juga tumit. Kram ini bisa hilang apabila Anda menggantungkan posisi kaki lebih tinggi dibandingkan dengan posisi badan. Anda bisa mengangkat kaki tinggi-tinggi ketika Anda sedang tidur selama beberapa menit saja hingga karam tersebut hilang. Cara paling mudah adalah menyendarkan kaki pada dinding.

  • Kulit menjadi berubah

Pada mulanya, seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan mengalami masa-masa perubahan. Kuku kaki akan berubah menjadi putih dan pucat karena aliran darah yang tak lancar serta kuku tak akan tumbuh dengan cepat. Bukan hanya kuku saja melainkan kaki juga turut berubah warna menjadi putih. Namun selanjutnya, perubahan warna kaki semakin terlihat jelas dimana kaki akan berubah menjadi keunguan atau kemerahan sebab pembuluh darah menjadi lebar dan semua darah akhirnya mengalir menuju kaki sebab tidak ada sirkulasi.

  • Mati rasa

Secara perlahan, seseorang yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi akan mulai mengalami mati rasa pada bagian jarinya. Bisa dikatakan jika tanda ini hampir sama dengan seseorang yang mengalami asam urat dimana zat purin pada tubuh sangat tinggi namun perlu diketahui jika mati rasa ini dikarenakan oleh kolesterol yang telah melewati batas.

Baca juga : Obat Kolesterol Tinggi Mujarab Secara Tradisional

Dengan mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi, maka Anda setidaknya bisa mencegah terjadinya kolesterol dengan memulai pola hidup sehat sekaligus olahraga yang cukup.

(Visited 1,026 times, 1 visits today)