5 Cara Alami Untuk Memutihkan Gigi

Posted on

Selain merupakan bagian dari pencernakan kita karena berfungsi untuk mengunyah dan melembutkan makanan sebelum ditelan, gigi juga berperan penting dalam penampilan. Senyum Anda pasti akan lebih percaya diri dengan gigi yang sehat, rapi, dan putih. Satu hal yang sering membuat orang enggan tersenyum lebar adalah karena warna giginya tak cemerlang atau terlihat kekuningan. Bagi Anda yang mengalami permasalahan demikian, inilah beberapa cara alami untuk memutihkan gigi.

Resep alami memutihkan gigi

Banyak hal yang menjadi pemicu mengapa gigi kita berubah warna menjadi kekuningan, antara lain adalah, konsumsi obat antibiotika dalam waktu lama, mengonsumsi kopi atau teh secara terus-menerus, atau kurang menjaga kebersihan gigi sehingga noda sisa makanan sulit dibersihkan. Inilah beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang dapat Anda coba.

memutihkan gigi, cara memutihkan gigi, menghilangkan warna kuning pada gigi

1. Arang kayu

Selain berfungsi sebagai bahan bakar, arang juga dapat menjadi alternatif untuk memutihkan gigi Anda. Caranya, tinggal menggosokannya ke gigi menggunakan jari Anda atau sikat gigi. Tetapi ingat agar jangan menggosoknya terlalu keras agar tak merusak email gigi.

2. Kulit jeruk

Cara kedua yang bisa Anda terapkan untuk membuat gigi Anda cemerlang adalah dengan menggosokkan kulit jeruk pada gigi secara perlahan-lahan dan merata. Tetapi perawatan ini kurang cocok untuk pemilik gigi sensitif karena efek sampingnya adalah terasa agak ngilu.

3. Buah pinang

Buah pinang juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, pertama bakarlah biji buah pinang hingga hangus seluruhnya lalu gerus sampai halus. Setelah itu gosokkan pada gigi Anda tetapi jangan menggunakan sikat gigi melainkan menggunakan sabut pinang. Lakukan metode ini secara rutin selama 1 hingga 2 kali seminggu hingga warna gigi kembali cemerlang.

4. Buah strawberry

Buah berwarna merah ini tak hanya bercitarasa lezat tetapi juga dapat menjadi alternatif untuk memutihkan gigi Anda secara aman dan alami. Ini karena daging buah strawberry mengandung asam malam yang berkhasiat untuk memutihkan warna gigi. Anda hanya tinggal menggosokkan buah strawberry yang sudah masak ke seluruh gigi Anda. Tetapi jangan dilakukan setiap hari karena asam pada daging buah juga berpotensi merusak lapisan pelindung gigi.

5. Siwak

Siwak atau ranting dan akar dari pohon miswak juga bisa menjadi pilihan bahan alami pemutih gigi. Selain dapat memutihkan gigi, siwak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi sebagai pengganti pasta gigi. Secara teratur gosokkan siwak perlahan-lahan pada gigi dan jangan terlalu keras agar tak sampai melukai mulut Anda.

Selain 5 bahan alami tersebut, bahan-bahan lain yang juga bermanfaat untuk memutihkan gigi, antara lain adalah garam dan lemon, baking soda, kulit pisang, daun salam, minyak mustard yang dicampur garam, dan daun sirih. Selain itu jagalah kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi 2 kali sehari, yaitu menjelang tidur malam dan setelah sarapan. Nah semoga bermanfaat!

(Visited 207 times, 1 visits today)