5 Lokasi Wisata Untuk Menikmati Gerhana Matahari Total Tahun 2016

Posted on

Pada tanggal 9 Maret 2016 Indonesia akan disuguhkan fenomena alam langka yang sangat jarang terjadi yaitu gerhana matahari total. Akan tetapi perlu kalian perhatikan bahwa gerhana matahari penuh ini tidak bisa kalian saksikan diseluruh wilayah Indonesia. Hanya di wilayah Belitung dan Ternate yang akan bisa menyaksikan gerhana matahari penuh ini. Sedangkan dibeberapa wilayah lainnya kamu hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian saja.

Meskipun di Belitung dan Ternate kamu bisa menikmati gerhana matahari penuh akan tetapi tidak disemua tempat kamu bisa menikmati keeksotisan fenomena alam yang sangat langka ini. apabila kalian memutuskan untuk menikmati gerhana matahari total ini di wilayah Belitung maka tercatat ada ada 5 titik yang bisa kamu pilih untuk menikmatinya. Yaitu 4 titik berada di kecamatan Manggar sedangkan 1 titiknya lagi berada di kecamatan Damar. Kedua kecamatan tersebut ternyata berlokasi di Belitung Timur.

lokasi melihat gerhana matahari, melihat gerhana matahari, tempat melihat gerhana matahari

Alasan tersbesar kenapa kamu harus melihat gerhana matahari penuh di titik-titik tersebut dikarenakan karena wilayahnya yang sangat terbuka dan langitnya juga terbentang sangat luas. Sehingga penampakan gerhana total akan semakin eksotis.

Sebenarnya dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) sendiri belum bisa menyimpulkan kira-kira dimana saja titik strategis untuk meyaksikan gerhana total tersebut, akan tetapi LAPAN sendiri mengatakan bahwa ketika ingin menyaksikan gerhana total agar supaya mendapatkan pemandangan yang bagus maka harus melihatnya di wilayah yang terbuka.

Dan ternyata titik lokasi seperti yang telah direkomendasikan oleh LAPAN ada di kecamatan Manggar dan kecamatan Damar. Di kecamatan Manggar sendiri tempat-tempat strategis yang bisa kamu pilih untuk menikmati gerhana matahari total adalah di bukit Samak, pulau Buku Limau, pantai Olipier, dan pantai Serdang. Sedangkan apabila kamu memilih untuk menyaksikannya di kecamatan Damar maka kamu bisa memilih pantai Tambak.

Sedangkan untuk para fotogrefer direkomendasikan untuk memilih pantai Olipier. Alasan terbesarnya adalah dikarenakan di sana ada sunrise, sehabis sunrise tersebut kira-kira pukul 07.10 mulailah detik-detik datangnya GMT. Maka dari itu akan sangat menarik apabila peristiwa langka tersebut langsung bisa diabadikan.

Itulah ke 5 titik lokasi paling menarik untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) di Belitung. Bagaimana kalau kamu tertarik langsung saja terbang ke Belitung lantas abadikanlah fenomena alam yang sangat langka tersebut.

(Visited 506 times, 1 visits today)