Apa Saja Penyebab Rambut Rontok?

Posted on

Acakadul.com – Meskipun rambut sering dikatakan sebagai mahkota wanita, tetapi ternyata banyak pula pria yang tak percaya diri saat rambutnya sudah mulai menipis. Bila Anda adalah salah satu orang yang mengalami permasalahan yang sama sebaiknya segera lakukan penanganan agar terhindar dari kebotakan akibat kerontokan rambut yang berkelanjutan. Berikut ini adalah berbagai penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

Berbagai penyebab rambut rontok pada pria dan wanita

  • Perubahan hormon

Beberapa fase pada kehidupan wanita bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, seperti masa kehamilan, melahirkan buah hati, penggunaan alat kontrasepsi, dan menopause. Hal ini bisa berdampak pada kerontokan rambut dan ketika hormon sudah kembali seimbang maka masalah Anda bisa teratasi dengan sendirinya.

  • Genetika

Penyebab rambut rontok pada pria yang paling umum adalah karena faktor genetika. Hal ini bisa kita lihat pada keluarga kerajaan Inggris yaitu, Pangeran William yang juga mewarasi kebotakan rambut di usia muda dari ayahnya. Bila ayah dan kakek Anda mengalami kebotakan, tentu Anda harus melakukan langkah antisipasi yaitu merawat rambut dengan optimal sedini mungkin.

  • Gangguan kesehatan

Gangguan kesehatan bisa menimbulkan komplikasi lain seperti misalnya berpengaruh pada kerontokan rambut. Jenis gangguan kesehatan yang dimaksud adalah penyakit lupus, infeksi jamur pada kulit kepala, diabetes, thypus, bahkan permasalahan pada gigi. Untuk mengatasi masalah kerontokan tersebut tentu permasalahan kesehatan utamanya harus diselesaikan terlebih dahulu.

  • Bahan kimia kosmetik rambut

Pewarnaan, pelurusan, pengeritingan, dan perawatan rambut menggunakan bahan kimia lainnya tentu merupakan hal yang sering tak terhindarkan di zaman modern seperti sekarang ini. Untuk itu Anda harus mengimbanginya dengan melakukan perawatan rambut secara optimal menggunakan bahan-bahan penyubur dan penguat rambut. Bila tidak maka akar rambut akan menjadi rapuh sehingga mudah rontok.

Dengan mengetahui secara spesifik penyebab rambut rontok yang terjadi pada Anda tentu dapat dilakukan penanganan seefektif mungkin agar mahkota Anda bisa kembali indah dan lebat. Sebagai langkah pertama yang dapat Anda lakukan secepat mungkin di rumah, Anda bisa memulai perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami untuk mengembalikan kesehatan rambut. Bahan-bahan alami yang disarankan untuk merawat rambut rontok adalah aloe vera, minyak kelapa, madu, telur, sari jeruk nipis, minyak zaitun, dan merang.

(Visited 1,493 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.