Awas, Jangan Beli Jika Menemukan Tabung Gas Seperti Ini

Posted on

Dewasa ini tabung gas sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan sehari-hari karena sudah hampir seluruh wilayah di Indonesia menggunakan tabung gas untuk memasak. Terlebih lagi pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan untuk mengkonvenssikan minyak tanah ke tabung gas.

Hal itu rupanya membuat sejumlah produsen nakal mencoba memanfaatkan peluang tersebut guna mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari masyarakat. Dengan cara mengurangi isinya dan menaipulasi agar isi terlihat penuh.

Hal itu bisa dilihat dari postingan salah seorang pemilik akun sosial media Facebook bernama Weleri Neni Ra, dalam akunnya itu ia menjelaskan bagaimana seseorang yang tidak bertanggung jawab mencoba mencari keuntungan dari tabung gas 3 kg dengan cara mengurangi jumlah isi tabung gas lalu memanipulasi beratnya dengan cara menempelkan besi Balancer.

tabung gas dengan pemberat besi

Berikut postingan status yang dibagikaan oleh pemilik akun Weleri Neni Ra itu.

“Sekedar imformasi aja Lurr, klo beli gas 3 kg jgn di ambil tbung seperti yg sy tunjuk ini .krn besi yg di tempel itu tujuan nya untuk mengurangi berat gas.kadang ada jg yg sampai 3 tempelan besi.1 tempelan itu berat nya-+ 3/5 ons. (Posted by : Najwa Azzura pada 25 Maret 2015),” tulisnya dalam akunnya itu.

Tidak hanya itu saja dalam akunnya itu ia juga mencoba membagikan informasi mengenai bagaimana besi Balancer tersebut mampu memanipulasi isi dari tabung tabung gas LPG 3 kg. Ia juga mencoba menjelasakan jika tabung dengan ciri-ciri sudah di tempeli besi berarti tabung tersebut sudah masuk bengkel tabung.

Ciri-ciri tabung gas asli :

  1. Memiliki kode nomor empat angka 05-11 yang terdapat pada pegangan tabung gas
  2. Terdapat kode masa kadaluwarsa
  3. Leher tabung terbuat dari kuningan, sedangkan yang palsu tidak
  4. Memiliki logo pertamina pada tabung
  5. Terdapat tulisan SNI dan ada nomor registrasi
  6. Pegangan tabung asli terdapat tiga lubang untuk pegangan tangan dengan ukuran yang kecil
  7. Ketika ditimbang disaat baru beli, berat bersih tabung tersebut mencapai 4,90 sampai 5 kilogram
(Visited 3,781 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.