Bahaya Bila Konsumsi Mie Instan Dicampur Dengan Nasi

Posted on

Sebagai bagian dari masyarakat Asia kita tentu sudah sangat akrab dengan hidangan yang disebut mie selain nasi sebagai makanan pokok, apalagi mie instan. Salah satu merk mie instan produksi Indonesia bahkan dinobatkan sebagai salah satu yang paling lezat di dunia. Meskipun demikian ternyata berbahaya menyantap mie dicampur dengan nasi. Nah, mengapa demikian? Artikel kesehatan ini akan mengulas lebih lanjut tentang hal ini sekaligus tips untuk mengonsumsi mie dengan lebih sehat.

mie instan, bahaya mie instan, cara membuat mie instan yang benar

Awas mie instan pemicu diabetes

Yang dimaksud dengan bahaya mie instan di sini tak berkaitan dengan bahaya keracunan atau sejenisnya bila mie yang Anda konsumsi masih jauh dari tanggal kadaluarsa serta kemasannya masih baik. Bahaya mie yang dimaksud di sini lebih berkaitan dengan peningkatan resiko terjangkit penyakit diabetes atau kencing manis. Seperti yang kita ketahui bahwa mie adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat sementara nasi juga mengandung karbohidrat. Padahal yang diperlukan oleh tubuh bukan hanya karbohidrat tetapi juga vitamin, mineral, protein, lemak baik, dan nutrisi lainnya agar organ tubuh bisa bekerja secara maksimal dan tubuh terjaga kesehatannya. (Baca juga : Menu Makanan Sehat Penderita Kencing Manis)

Konsumsi mie bersamaan dengan nasi akan menghasilkan sekitar 750.000 kalori untuk setiap porsi yang Anda santap. Makanan berkalori yang kita konsumsi akan dicerna pada sistem metabolisme tubuh dan dipecah menjadi gula oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Bila pola makan kita sehari-hari selalu mengandung kalori tinggi tentu pankreas akan kelelahan karena harus terus memproduksi hormon insulin dalam jumlah banyak. Inilah yang dapat memicu terjadinya penyakit kencing manis alias diabetes. Selain memicu penyakit diabetes, terbiasa mengonsumsi mie instan bersama nasi juga menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Bahaya lain dari mie instan

Junk food

Mie instan idealnya dikonsumsi hanya sebagai hidangan rekreasional atau sesekali saja dan tidak menjadi menu harian Anda. Mie instan hanya memberikan karbohidrat dan lemak jenuh yang tinggi bagi Anda sehingga tergolong ke dalam junk food karena tak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, protein, atau vitamin.

MSG

Untuk mendapatkan citarasa yang lezat bumbu yang disertakan saat memasak mie instan diberi kandungan MSG yang tinggi. Sodium bisa berakibat buruk bagi kesehatan jangka panjang dengan meningkatkan potensi penyakit jantung dan darah tinggi. (Baca juga : Menu Makanan Sehat Penderita Jantung )

Sulit dicerna

Mie dibuat dari tepung terigu yang sulit dicerna oleh usus. Paling tidak dibutuhkan waktu hingga 3 hari bagi tubuh untuk mencerna bahan tersebut. Kondisi ini akan menyebabkan usus besar dipenuhi sampah sisa pencernakan makanan bila Anda sering mengonsumsi bahan tersebut. Kemungkinan paling buruk dari pola makan yang demikian adalah kesulitan BAB, gangguan pencernaan termasuk penyakit GERD, dan kanker kolon atau usus besar. (Baca juga : Dampak Buruk Susah BAB, dan Solusi Mengatasinya )

Bagi Anda yang belum bisa lepas sama sekali dari mie instan, berikut ini adalah cara membuat mie instan yang benar bagi Anda.

  1. Tambahkan sayuran dalam porsi besar, atau paling tidak sama dengan porsi mie yang Anda santap. Sayuran yang kaya serat akan membantu pencernakan untuk memroses mie instan tersebut. Selain itu sayuran juga akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh yang tak dapat dipenuhi hanya dari konsumsi mie.
  2. Sesuai dengan aturan memasak yang tertera pada kemasan, sebaiknya Anda tak mencampurkan bumbu secara langsung pada mie instan yang masih dimasak di panci. Sebaiknya bumbu dituangkan pada mangkuk setelah itu mie yang telah matang baru dimasukkan. Perlu diketahui bahwa dalam bumbu instan terkandung zat yang berbahaya bila turut dimasak bersamaan dengan mie.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang mie instan. Pada berbagai ulasan tentang info kesehatan Anda bisa menemukan beragam resep mie yang lebih sehat daripada mengonsumsi mie instan saja. Semoga bermanfaat!

(Visited 1,223 times, 1 visits today)