Beginilah Cara Mengetes Anak Merokok Atau Tidak

Posted on

Kita tentu sangat prihatin melihat kenyataan saat ini dimana semakin banyak anak yang mempunyai kebiasaan merokok bahkan yang masih di bawah umur. Sebagai orang tua tentu berkewajiban untuk memastikan bahwa buah hati kita tak sampai merokok karena kebiasaan menghisap tembakau ini bisa menjadi pintu gerbang ke arah penyalahgunaan narkoba karena efek kecanduan. Nah, inilah cara mengetes anak merokok atau tidak yang bisa segera diterapkan dalam keseharian Anda.

cara mengetes anak merokok atau tidak, cara mengetes anak, cara mengetes anak merokok atau tidak setelah pulang bermain

Cara mengetes anak merokok atau tidak

Salah satu cara mengetes anak bila kita curiga putra atau putri kita mulai belajar merokok adalah dengan mengamati kesehariannya. Perhatikanlah gelagat, sikap, atau mungkin perubahan suasana hatinya, karena itu semua bisa menjadi petunjuk. Kebiasaan merokok ini bisa terjadi karena pengaruh lingkungan, perasaan ingin tahu, atau pelarian dari suatu masalah yang tak sanggup dicari sendiri solusinya. Inilah ulasannya untuk Anda.

  1. Untuk mencari rokok dan pemantiknya usahakan agar setiap hari memeriksa tas yang sering digunakan oleh buah hati Anda seperti misalnya tas sekolah. Tetapi ingat agar tak sampai ketahuan agar yang bersangkutan tetap merasa aman bila memang ia sudah mulai merokok. Selain tas, periksa pula kantong celana, kemeja, jaket, atau yang lainnya. Cermati pula kamarnya dan Anda layak mulai curiga bila menemukan remah sisa tembakau.
  2. Cara mengetes anak merokok atau tidak setelah pulang bermain adalah dengan memeluknya saat ia tiba di rumah sambil mencium bau pakaian terutama di sekitar leher atau lengan. Bila tercium aroma asap rokok sebaiknya Anda mulai waspada tetapi jangan langsung menginterogasi atau menuduh karena bisa saja asap rokok tersebut bersumber dari teman-teman di sekitarnya.
  3. Bau rokok akan tertinggal dalam waktu yang cukup lama pada mulut serta jari perokok. Inilah sebabnya cara tersebut cukup efektif untuk mendeteksi apakah putra atau putri Anda sudah memulai kebiasaan buruk tersebut. Beberapa jenis rokok beraroma sangat kuat bahkan setelah dicuci dengan sabun sekali pun. Bila setelah bepergian buah hati Anda langsung mencuci tangan atau menyikat giginya mungkin ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan kecurigaan Anda. Jadi Anda bisa mulai memperketat pengawasan kepada mereka.
  4. Cara terakhir untuk mengetahui apakah putra atau putri Anda sudah mulai merokok atau tidak adalah dengan membawa mereka untuk tes darah atau rontgen untuk menemukan racun rokok pada tubuh mereka. Inilah cara yang paling akurat walaupun membutuhkan dana yang mungkin tak sedikit.

Baca juga : LAWAN NARKOBA! Berikut Ini Cara Mengecek Pengguna Narkoba

Bila ternyata terbukti buah hati mulai merokok dengan trik atau cara mengetes anak merokok atau tidak di atas, sebaiknya carilah solusinya dengan bijaksana. Jelaskan tentang bahaya rokok terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan bila memang kebiasaan merokok ini mereka lakukan sebagai bentuk pelampiasan tentu harus dicari akarnya dan pemecahannya.

 

Nah, semoga bermanfaat bagi Anda.

(Visited 64 times, 1 visits today)