WASPADA PENIPUAN MELALUI TELEPON! Berikut Tips Terhindar Dari Penipuan Melalui Telepon

Posted on

Mungkin sudah sangat sering kita baca atau saksikan di media tentang berbagai kasus penipuan yang terjadi pada sejumlah korban. Saat ini memang banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh uang dan agar tak menjadi korban dari oknum-oknum tak bertanggungjawab sebaiknya kita membekali diri dengan panduan untuk menghindari tindak kriminal ini. Salah satu model kejahatan tipu muslihat ini yang marak adalah dilakukan melalui telepon. Berikut ini adalah trik untuk menghindarinya.

penipuan, tips terhindar dari penipuan

Beberapa panduang untuk menghindari penipuan melalui telepon

Lakukan beberapa tips terhindar dari penipuan berikut ini jika Anda merasa sedang menjadi incaran para penipu.

  1. Jangan panik

Saat seseorang menipu Anda dan mengatakan bahwa salah seorang anggota keluarga mendapat musibah, tetaplah tenang. Hal ini memang sulit dilakukan apalagi bila yang bersangkutan sangat profesional dalam mempermainkan suasana hati Anda.

  1. Validasi

Segera hubungi keluarga yang dimaksud oleh penipuan, yang dikatakan tertimpa musibah, kecelakaan, atau yang lainnya, walaupun sumber tersebut berdalih bahwa yang bersangkutan sedang koma, pingsan, atau terluka parah. Jika tak memungkinkan menghubungi “korban” secara langsung, cobalah menghubungi teman dekat atau saudara yang lain untuk memastikan keberadaan “korban”.

  1. Jangan takut dengan ancaman penipu

Ada pula telepon penipuan yang mengaku dari kepolisian yang meminta sejumlah uang dengan nada intimidasi dengan alasan akan menghubungi media massa atau membawa ke jalur hukum atas suatu tuduhan fitnah terhadap Anda. Jangan takut akan ancaman tersebut.

  1. “Interogasi” si penipu

Tips terhindar dari penipuan via telepon berikutnya adalah dengan menginterogasi penelepon. Tanyakan secara detil tentang kondisi korban yang merupakan anggota keluarga Anda dan dikatakan tertimpa kecelakaan. Ajukan pertanyaan seperti, jam berapa peristiwanya, bagaimana kondisinya, di mana lokasi kejadian, dan lain-lain.

  1. Gertak penipu kembali

Bagi Anda yang jago berimprovisasi dan sudah yakin bahwa Anda adalah target penipuan, bila si penipu mengatakan telepon tersebut dari kepolisian, tanyakan dimana tempat dinasnya dan pangkat orang tersebut. Hal ini mungkin akan membuat oknum tersebut berpikir ulang untuk melanjutkan tujuan kejahatannya.

  1. Akun media sosial

Selain telepon, penipuan juga kerap dilakukan via sosial media. Oleh karena itu jangan mudah tergiur dengan promosi-promosi misalnya bagi-bagi smartphone, pulsa, atau yang lainnya. Untuk menjaga keamanan Anda,  pastikan bahwa daftar teman Anda hanyalah berisi orang-orang yang benar-benar Anda kenal dan hanya dapat dibuka oleh teman-teman yang telah Anda setujui untuk berhubungan lewat media sosial. (Baca juga: WASPADA PENIPUAN! Kenali Ciri-ciri Penipuan Online)

Demikianlah beberapa pedoman tips terhindar dari penipuan yang dapat juga Anda sebarkan kepada teman-teman dan kerabat Anda. Selain melalui telepon atau internet yang kerap disebut sebagai cyber crime, tindak kejahatan penipuan juga dapat dilakukan melalui hipnotis atau gendam. Jadi tetaplah waspada terhadap orang-orang yang tak dikenal.

Nah, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Silahkan like and share agar teman dan saudara tahu akan hal ini untuk menghindari penipuan melalui telepon.

(Visited 738 times, 1 visits today)