Cara Ampuh Untuk Mengatasi Batu Ginjal Dengan Mudah

Posted on

Berdasarkan data yang tercatat, masyarakat Indonesia tergolong cukup banyak yang menderita penyakit batu ginjal. Sesungguhnya penyakit yang berkaitan dengan pencernakan kita ini dapat diatasi dengan cara-cara yang sederhana bila belum terlalu parah. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi batu ginjal, sebaiknya kita pahami dahulu bagaimana hal ini bisa terjadi.

Batu ginjal bisa terjadi karena terbentuknya material keras yang terlihat seperti batu di dalam ginjal. “Batu” ini merupakan sisa kotoran di dalam darah yang tersaring oleh ginjal dan lambat laun mengeras dan mengendap. Hal ini pada umumnya dipicu oleh kebiasaan makan yang kurang menerapkan pola makan sehat serta faktor lainnya.

cara mengatasi batu ginjal, cara mengobati batu ginjal, obat batu ginjal alami dan aman

Cara mengatasi batu ginjal dengan sederhana

Beberapa cara mengobati batu ginjal berikut ini cukup sederhana dan menggunakan bahan-bahan alami yang sering kita jumpai sehari-hari.

1. Konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan adalah cara terbaik untuk menghilangkan batu ginjal. Agar material keras ini bisa terdorong keluar dari tubuh minumlah air putih banyak-banyak karena air bersifat melarutkan toksin. Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah menjaga kesehatan sistem pencernakan dan membantu tubuh membuang racun (detoksifikasi) sehingga organ tubuh tetap sehat. Dosis yang banyak disarankan untuk konsumsi air putih adalah 2  liter setiap hari.

2. Semangka

Buah semangka adalah obat batu ginjal alami dan aman yang dapat Anda konsumsi secara teratur untuk mengatasi penyakit batu ginjal Anda. Selain buah semangka, melon juga dapat menjadi alternatif pengobatan batu ginjal.

3. Jus lemon dan minyak zaitun

Untuk mengatasi rasa sakit akibat batu ginjal dalam waktu 24 jam, Anda bisa mencampurkan jus lemon dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama. Minumlah secara teratur untuk memperoleh khasiatnya secara maksimal. Anda juga bisa mengonsumsi ramuan ini menjelang tidur malam. Selain jus lemon, bahan herbal lainnya yang juga merupakan obat batu ginjal alami dan aman adalah tanaman dandelion.

4. Pantang makanan

Untuk mencegah penyakit batu ginjal bertambah parah, kurangi atau hindari sama sekali beberapa jenis makanan seperti gula, makanan olahan, alkohol, soda, serta kafein. Anda juga dianjurkan mengurangi makanan yang mengandung oksalat, kalsium, serta protein yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Oksalat terkandung dalam sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, dan coklat. Sementara kalsium banyak terkandung pada susu dan produk susu, dan protein banyak terdapat pada daging hewan berkaki 4 atau unggas.

5. Olahraga

Berolahraga secara teratur juga sangat dianjurkan karena bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi organ tubuh, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan kekebalan tubuh kita. Anda dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari.

Nah, semoga ulasan tentang cara mengatasi batu ginjal di atas dapat membantu Anda memperoleh solusi untuk masalah kesehatan ini.

(Visited 266 times, 1 visits today)