Cara Melihat Lowongan Pekerjaan Serta Alternatif Lain

Posted on

Mencari pekerjaan memang hal yang dapat dikatakan susah-susah gampang bahkan bagi mereka yang telah menempuh pendidikan tinggi. Padahal dapat dikatakan memperoleh informasi tentang perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pegawai saat ini tak terlalu sulit. Salah satu cara melihat lowongan pekerjaan yang paling mudah dilakukan adalah melalui internet. Anda bahkan bisa berlangganan milis dari situs pencari kerja sehingga Anda akan memperoleh pemberitahuan melalui email saat tersedia lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

cara melihat lowongan pekerjaan, cara melihat gaji pekerjaan, tips mencari pekerjaan

Alternatif lain cara melihat lowongan pekerjaan dan memperoleh pekerjaan

Terlepas dari itu semua, bila Anda bersungguh-sungguh ingin segera memperoleh pekerjaan menjelang kelulusan Anda, berikut ini adalah tips mencari pekerjaan yang dapat menjadi panduan bagi Anda.

1. Memasang iklan

Bila selama ini Anda selalu memburu iklan lowongan pekerjaan di koran-koran atau media lainnya, sekarang mari kita balik posisinya. Anda bisa mengiklankan diri Anda, lengkap dengan kualifikasi singkat termasuk latar belakang pendidikan dan kompetensi Anda. Misalnya, mengiklankan diri sebagai penulis lepas yang telah berpengalaman mengisi kolom di beragam media. Dengan demikian perusahaan yang membutuhkan jasa Anda bisa langsung menghubungi Anda.

2. Mendatangi langsung perusahaan

Cara yang kedua ini memang membutuhkan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Anda bisa langsung mendatangi perusahaan incaran Anda dan menemui direkturnya dan meminta posisi yang ingin Anda tempati. Bila koneksi Anda cukup luas, hal ini bisa cukup efektif, tetapi walaupun tak mempunyai kenalan orang dalam sekali pun asalkan Anda yakin dan percaya akan kemampuan Anda, strategi ini bisa berhasil.

3. Bursa kerja

Rajin mengunjungi bursa kerja bisa menjadi salah satu strategi memperoleh karier impian tanpa banyak membuang waktu. Bayangkan bahwa dalam satu hari Anda bisa langsung “menawarkan” kualifikasi Anda pada belasan atau bahkan puluhan perusahaan sekaligus. Beberapa perusahaan bahkan langsung mengadakan tes atau wawancara pada lokasi.

Setelah sukses melewati seleksi administrasi atau tes tulis, tahap berikutnya pada umumnya adalah wawancara. Pertanyaan yang paling umum diajukan saat wawancara adalah yang berkaitan dengan gaji. Tentu tidak etis bila Anda langsung menyebutkan nominal gaji yang ingin Anda dapatkan dari perusahaan. Oleh karena itu sebelumnya sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara melihat gaji pekerjaan.

Anda bisa memperoleh informasi tentang standar gaji pada perusahaan tersebut dari teman atau senior yang bekerja di tempat tersebut terutama pada divisi yang sama. Selain itu Anda bisa memperoleh informasi dari internet atau media yang memuat tentang survey gaji. Dengan memenangkan negosiasi gaji, Anda akan dapat bertahan cukup lama sebelum meminta kenaikan gaji kepada perusahaan, yang tentu saja bukan merupakan hal yang mudah.

Demikianlah beberapa cara melihat lowongan pekerjaan, termasuk metode “jemput bola” untuk memperoleh pekerjaan impian Anda. Semoga bermanfaat!

(Visited 311 times, 1 visits today)