Cara Menabung Anti Gagal

Posted on

Cara Menabung Anti Gagal – Bukan hanya Anda seorang tetapi sebagian besar dari kita tentu sangat menanti-nantikan waktunya mendapatkan gaji baik pada akhir atau pun awal bulan. Saat uang hasil jerih payah selama satu bulan tersebut telah ditransferkan pada rekening kita tentu terbayang bahagianya berbelanja, mencicipi hidangan di restoran incaran, dan lain-lain. Pola pikir inilah yang seringkali membuat kita gagal mengumpulkan uang sebagai investasi atau pun sekedar simpanan. Lalu bagaimana sesungguhnya cara menabung dengan mudah agar kita tak perlu “menderita” sekaligus bisa memperoleh hasil memuaskan di waktu yang kita targetkan?

Cara menabung dengan sukses

Saat ini sesungguhnya tersedia banyak pilihan menabung dengan berbagai produk investasi dari bank, pegadaian, atau lembaga penghimpun dana masyarakat lainnya. Produk-produk tersebut misalnya emas, reksadana, asuransi,atau yang lainnya. Ini bisa menjadi alternatif akhir bagi Anda setelah dana terkumpul.

cara menabung, tips menabung, pilihan menabung

Inilah beberapa tips sukses menabung untuk Anda.

1. Menuliskan rencana tabungan

Upayakan untuk menuliskan secara rinci tujuan menabung Anda, misalnya, untuk berangkat umroh, berwisata ke Eropa, membeli mobil, atau membeli rumah. Tempelkan kertas tersebut pada tempat yang mudah terlihat sehingga suatu saat Anda tergoda untuk membongkar tabungan atau berhenti menabung kertas tersebut akan menguatkan kembali motivasi Anda.

2. Menetapkan jumlah dana yang ditabung dari pemasukan

Biasanya orang berpikir bahwa dana yang seharusnya ditabung adalah dana tersisa setelah membayar seluruh tagihan dan biaya hidup. Sayangnya metode ini biasanya gagal karena kita cenderung untuk menghabiskan seluruh penghasilan kita. Mulai sekarang tetapkan untuk menyisihkan sekian persen dari penghasilan untuk menabung. Anda bisa mulai dari 10% terlebih dahulu kemudian sedikit demi sedikit tingkatkan jumlah tersebut.

3. Membuka rekening tabungan terpisah

Untuk membantu kita disiplin, tips menabung berikutnya yang dapat Anda coba adalah mempunyai dua rekening terpisah. Rekening pertama berfungsi untuk operasional sehari-hari, termasuk membayar tagihan, transfer, dan lain-lain. Anda bisa melengkapi rekening ini dengan kartu ATM. Selanjutnya rekening yang kedua adalah khusus untuk tabungan dan sebaiknya tak perlu meminta fasilitas kartu ATM agar Anda tak tergoda untuk mengambil simpanan Anda.

Setiap melihat angka saldo tabungan bertambah Anda tentu akan semakin bersemangat dalam menabung. Untuk rekening yang kedua ini Anda bisa memilih rekening dengan bunga terbesar serta biaya administrasi yang rendah seperti rekening TabunganKu yang sengaja diluncurkan di berbagai bank-bank besar di tanah air untuk menggalakkan kebiasaan menabung pada masyarakat.

4. Transfer otomatis

Tips menabung terakhir yang disarankan bagi Anda adalah meminta transfer otomatis kepada rekening yang menerima gaji Anda untuk langsung memotong sejumlah uang dan dipindahbukukan ke rekening khusus untuk tabungan. Metode ini cukup ampuh untuk “memaksa” Anda menabung.

Nah, cukup mudah bukan untuk merealisasikan cara menabung sebagaimana yang telah diulas di atas. Ayo wujudkan keinginan Anda mulai sekarang.

(Visited 1,400 times, 1 visits today)