Cara Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara

Posted on

Seperti yang telah diketahui, kanker payudara adalah salah satu penyakit ganas yang terus menelan nyawa manusia terutama perempuan di dunia ini. Setiap tahunnya, banyak perempuan yang terinfeksi dan meninggal karena penyakit ini. Kanker ini menjadi penyebab kematian terbesar nomor lima di dunia. Saat ini banyak diupayakan berbagai cara mencegah kanker payudara.

cara mencegah kanker payudara, cara mengobati kanker payudara, obat tradisional untuk mencegah kanker payudara, kanker payudara

Namun, kanker tersebut sudah tidak dapat dihindari maka harus dilakukan beberapa hal sebagai usaha dan cara mengobati kanker payudara demi mengurangi korban. Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa kanker payudara adalah adanya sel-sel kanker yang berkembang di bagian payudara. Dan hal ini tidak terjadi pada perempuan saja, laki-laki pun berpotensi untuk mengidap kanker payudara ini. Beberapa gejala dapat diketahui secara pribadi dengan pemeriksaan awal oleh diri sendiri. Berikut ini adalah beberapa gejala yang harus Anda ketahui.

  • Adanya benjolan pada payudara sehingga bentuk dan ukurannya berubah
  • Terjadi perubahan pada warna kulit dari awalnya merah muda menjadi coklat atau seperti kulit jeruk
  • Adanya retraksi atau keadaan dimana puting susu masuk ke dalam, atau malah tiba-tiba terlepas atau hilang
  • Kulit payudara terasa terbakar, jika tumor semakin membesar akan terasa sakit dan perih yang hilang dan timbul tiba-tiba

Jika kejadian di atas terjadi pada Anda maka sesegera mungkin anda harus menemui dokter dan diperiksa. Gejala dan tanda-tanda di atas adalah gejala awal dari kanker payudara. Untuk stadium lanjut maka akan terjadi gejala yang semakin parah dan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan. Berikut ini adalah contoh gambaran kanker payudara yang sudah memasuki stadium III B.

Cara mencegah kanker payudara

Mencegah memang akan selalu lebih baik daripada harus mengobati. Tertutama untuk penyakit-penyakit seperti kanker payudara. Jika anda tidak mau terkena kanker payudara, maka berikut ini adalah cara mencegah kanker payudara yang bisa anda aplikasikan sehingga meminimalisasi kanker payudara pada tubuh anda.

  • Cegah Melalui Makanan

Cara mencegah kanker payudara melalui makanan dengan cara mengurangi konsumsi makanan-makanan berlemak. Mencegah kanker payudara dapat dilakukan dengan mencoba diet lemak. Lebih baik, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta lebih banyak makan makanan yang mengandung serat.

Selain itu, jika anda senang mengonsumsi daging maka alangkah lebih baiknya jika daging diolah tidak terlalu matang atau bahkan sampai gosong. Daging yang dimasak terlalu lama akan menghasilkan senyawa amino heterosiklik atau karsinogenik yang memperbesar resiko kanker.

  • Berolahraga

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa semakin meningkatnya aktivitas latihan (excercise) maka akan semakin mengurangi resiko kanker payudara. Anda perlu mengetahui bahwa berolahraga dapat menurunkan kadar ekstrogen yang diproduksi tubuh sehingga dapat mengurangi pula resiko mengidap kanker payudara

  • Biasakan melakukan ini

Beberapa kebiasaan yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda adalah kebiasaan yang baik sebagai salah satu cara mencegah kanker payudara. Kebiasaan seperti berjemur di bawah sinar matahari akan mengurangi kemungkinan dan peluang untuk mengidap kanker payudara. Biasakan berjemur ketika matahari sedang hangat-hangatnya, 15 menit saja cukup. Selain itu, kebiasaan untuk tidak merokok juga akan mencegah anda terserang penyakit mematikan ini. Penelitian menunjukkan bahwa merokok menyebabkan kanker, seseorang yang menghindari rokok tentu akan beresiko lebih kecil mengidap kanker.

Satu kebiasaan lain yang bisa membuat anda terhindar dari kanker payudara adalah dengan memberikan air susu ibu (ASI) kepada anak. Cara ini memang terbukti menghindarkan ibu-ibu dari kanker payudara sebelum datangnya masa menopause.

  • Lakukan Hal Medis

Cara medis memang sebaiknya dijadikan cara terakhir untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Anda dapat menggunakan obat pencegah kanker payudara jika memang anda beresiko tinggi mengidap penyakit tersebut. Jika anda merasa memiliki hubungan darah dengan pengidap kanker ini, maka dapat dilakukan pengonsumsian obat pencegah kanker dan mastektomi atau pengangkatan jaringan payudara.

Cara mengobati kanker payudara

Beberapa cara mengobati kanker payudara sudah banyak diketahui secara umum oleh masyarakat. Hal ini tentu menjadi informasi bermanfaat sehingga masyarakat dapat dengan peka mencegah serta mengobat kanker mematikan ini. Pada umumnya ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker payudara.

  • Cara medis

Melalui cara medis sebenarnya akan mendapatkan hasil yang cepat dan mudah karena dengan cara medis, anda hanya tinggal melakukan operasi pada payudara anda. Namun, tentu saja operasi ini akan memberikan resiko yang bisa. Salah satunya adalah pengangkatan payudara, yang untuk sebagian besar wanita adalah hal yang tidak diharapkan.

  • Cara tradisional

Cara tradisional yang dapat dilakukan adalah dengan cara terapi dan mengonsumsi obat-obatan alami yang dapat mengurangi, memperlambat, dan menghancurkan sel kanker sampai tuntas. Namun, proses pengobatan ini cenderung akan lebih lama karena pengobatan ini dilakukan dalam tubuh dan tubuh akan melakukan reaksi yang cukup lama.

Obat tradisional untuk mencegah kanker payudara

Beberapa orang kini beralih kepada obat tradisional untuk mencegah kanker payudara. Hal ini buka tanpa alasan, hal ini karena banyak yang membuktikan bahwa obat-obatan tradisional dan alami cenderung tanpa resiko untuk mencegah dan mengobati kanker payudara. Bila dibandingkan dengan pengobatan medis, tentu obat tradisional menjadi pilihan yang paling baik. Berikut ini adalah beberapa tanaman tradisional yang dipercaya dapat mencegah dan mengobati kanker payudara.

  • Daun Tapak Dara

Tanaman dengan nama latin catharanthus roseus ini sudah banyak diuji dan berhasil sebagai obat tradisional untuk mencegah kanker payudara juga sebagai obat penghancur sel kanker payudara. Tanaman ini mengandung senyawa vinkristin dan vinblastin yang bermanfaat untuk menumpas dan menghambar penyebaran sel.

  • Mengkudu

Mengkudu juga ternyata dapat melawan pertumbuhan sel yang abnormal pada semua stadium. Mengkudu ini dapat mencegah perkembangan dan perluasan sel kanker. Peras saja beberapa buah mengkudu lalu tambahkan sedikit madu agar terasa lebih enak. Pilihlah mengkudu yang usianya setengah matang agar kandungannya tidak terkontaminasi proses permentasi.

  • Kunyit Putih

Satu lagi obat tradisional yang dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan kanker payudara dalah kunyit putih. Kunyit ini mengandung banyak zat yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan dapat mencegah kerusakan gen. Ribosome inacting protein dapat menonaktifkan pertumbuhan sel abnormal dan merontokkan sel tersebut tanpa merusak jaringan.

Kanker payudara, meskipun berbahaya tetapi bukan berarti anda harus menjauhi orang-orang yang mengidap penyakit tersebut. Penyakit kanker payudara tidak akan menular hanya dengan Anda berkomunikasi atau hidup bersama mereka. Anda hanya dapat melakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai cara mencegah kanker payudara.

Semoga info tentang kanker payudara ini bermanfaat untuk Anda, silahkan like n share ya …

(Visited 2,277 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.