Cara Tepat Untuk Mengantisipasi Wabah Demam Berdarah

Posted on

Pada musim hujan kita harus sangat waspada tak hanya akan bencana alam banjir tetapi juga berkembangnya penyakit demam berdarah terutama pada anak-anak. Sebagaimana yang banyak kita lihat atau dengar di media massa bila terlambat mendapatkan penanganan bisa terjadi resiko terburuk yaitu hilangnya nyawa seseorang akibat penyakit ini. Artikel kesehatan ini akan memberikan informasi bagaimana cara mencegah penyakit demam berdarah dengue dengan mengendalikan perantaranya yaitu nyamuk aides aegypti.

Antisipasi demam berdarah dengan pemberantasan nyamuk aides aegypti

Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan yang merupakan cara efektif mengusir nyamuk. Berikut ini adalah uraiannya bagi Anda:

demam berdarah, cara efektif mengusir nyamuk, cara menghentikan nyamuk berkembang biak, menjaga keluarga dari nyamuk
Nyamuk [Image source]
1. Lingkungan

Untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk kita dapat memulai dari lingkungan sekitar yaitu memberantas sarang nyamuk. Caranya adalah dengan:

  • Mengurasi tempat penampungan air atau bak mandi paling sedikit seminggu sekali karena masa perkembangbiakan telur menjadi nyamuk adalah berkisar antara 7 hingga 10 hari.
  • Agar nyamuk tak bertelur pada tempat penampungan air, sebaiknya tempat-tempat tersebut diberi penutup yang kuat.
  • Cara menghentikan nyamuk berkembang biak yang berikutnya adalah membersihkan pekarangan serta halaman rumah dari barang-barang bekas (kaleng, botol, dan ember bekas) yang berpotensi menjadi sarang nyamuk atau sebagai tempat berkembangnya larva nyamuk.
  • Cermati pula lubang-lubang pada pohon terutama pohon bambu karena bila terisi air dapat menjadi tempat bertelur nyamuk. Untuk mencegah hal ini sebaiknya lubang pada pohon ditutup dengan tanah.

2. Biologis

Untuk menjaga keluarga dari nyamuk Anda bisa menerapkan pengendalian secara biologis misalnya dengan memelihara ikan cupang pada kolam atau bak mandi. Hewan ini akan memangsa telur nyamuk sehingga tak berkembang menjadi larva. Penambahan bakteri Bt H-14 juga dapat menjadi pilihan bagi Anda.

3. Kimiawi

Pengendalian perkembangbiakan nyamuk berikutnya dapat dilakukan dengan cara kimia yaitu dengan pengasapan atau fogging untuk membasmi nyamuk dewasa serta pemberian bubuk abate pada tempat penampungan air untuk mematikan telur dan larva nyamuk.

demam berdarah, cara efektif mengusir nyamuk, cara menghentikan nyamuk berkembang biak, menjaga keluarga dari nyamuk
Obat nyamuk [Image source]
Cara yang paling praktis dan efektif untuk mengantisipasi penyakit DBD ini juga dikenal dengan singkatan 3 M plus yang artinya, menutup tempat menampung air dan menguras tempat penampungan air seminggu sekali, menutup lubang-lubang pohon serta menimbun sampah yang berpeluang menjadi tempat bertelur nyamuk. Tindakan plus yang merupakan bagian dari kampanye 3 M plus ini adalah memelihara ikan pemakan larva dan telur nyamuk, pemeriksaan jentik nyamuk secara teratur, menggunakan repellent, dan lain-lain.

Terakhir adalah mencegah penyakit demam berdarah dengan menghindari gigitan nyamuk. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi gigitan nyamuk yaitu,

  • Membasmi larva nyamuk di tempat yang susah dikuras bisa dengan menyebarkan serbuk abate 2 atau 3 bulan sekali dengan takaran 1 gram untuk 10 liter air. Anda bisa memperoleh bubuk abate ini di apotek terdekat atau puskesmas dengan harga yang terjangkau.
  • Gunakan obat nyamuk gosok atau minyak sereh untuk mencegah gigitan nyamuk sehari-hari. Ajari pula buah hati Anda untuk melakukan hal yang sama secara teratur setiap hari.
  • Pasang kawat nyamuk atau kasa pada jendela atau ventilasi untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.
  • Hindari menggantung pakaian di dalam kamar tidur agar tak menjadi tempat persembunyian nyamuk.
  • Menggunakan tenda kelambu saat tidur dapat menjadi cara praktis untuk mengantisipasi gigitan nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia yang mungkin mendatangkan efek samping.

Demikianlah info kesehatan yang penting untuk Anda ketahui. Mencegah bagaimana pun juga selalu lebih baik daripada mengobati termasuk untuk penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat!

(Visited 1,262 times, 1 visits today)