LAWAN NARKOBA! Berikut Ini Cara Mengecek Pengguna Narkoba

Posted on

Pada berbagai media mungkin sudah sangat sering kita mendengar atau melihat peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang juga telah menjangkiti anak-anak dan remaja. Inilah sebabnya penting sekali bagi orang tua serta saudara untuk mengawasi putra-putrinya atau anggota keluarga lain agar tak terlibat dalam penggunaan apalagi bila sampai pada pengedaran barang haram tersebut. Tips paling mudah sebagai cara mengecek pengguna narkoba pada orang-orang terdekat ini bisa Anda ketahui pada ulasan berikut ini.

cara mengecek pengguna narkoba, cara mengecek mengguna narkoba, cara mengecek mengguna narkoba atau tidak

Cara mengecek pengguna narkoba

Orang tua atau anggota keluarga seringkali tak menyadari bila ada salah satu orang terdekatnya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba sampai yang bersangkutan mengalami over dosis. Hal ini tentu merupakan mimpi buruk bagi orang tua di mana pun. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengecek menggunakan narkoba terutama kepada putra-putri Anda.

Nah, inilah ciri-ciri fisik mereka yang menggunakan narkoba.

  1. Mata merah adalah ciri fisik yang paling mudah dikenali untuk segala jenis penggunaan narkoba.
  2. Para pemakai sering berkeringat hingga mempunyai aroma tubuh yang menyengat. Selain itu mereka yang telah kecanduan jarang sekali memperhatikan perawatan tubuh sehingga mereka jarang mandi atau jarang berganti pakaian.
  3. Cara mengecek menggunakan narkoba atau tidak  adalah dengan memperhatikan cara  seseorang menarik napas. Para pemakai narkoba seringkali pernapasannya dangkal dan lambat.
  4. Para pengguna narkoba sering mengalami gangguan tidur. Bila tak mengalami insomnia mereka justru terlihat bermalas-malasan sepanjang hari atau selalu terlihat mengantuk dan tidur terus-menerus.
  5. Orang yang mulai menggunakan narkoba biasanya akan terfokus untuk memuaskan keinginan dan mulai tak tertarik dengan makanan atau minuman. Dalam keseharian mereka akan terlihat tidak bernafsu makan dan minum.
  6. Mereka yang menyalahgunakan narkoba juga akan menjadi pribadi yang berbeda daripada karakter aslinya, yaitu menjadi lebih emosional, sensitif, serta lebih cepat tersinggung. Bila terjadi kesalahan kecil yang dilakukan oleh orang lain mereka bisa langsung meledak marah.
  7. Bila kecanduan narkoba tersebut telah semakin parah maka pelaku sering terlihat kehilangan fokus atau sulit berkonsentrasi.
  8. Semakin tinggi kebutuhan mereka akan narkoba tentu pengguna memerlukan semakin banyak uang dan mereka tak akan segan-segan merongrong keluarga untuk mendapatkan dana, termasuk mencuri dan berbohong.

Bila ciri-ciri di atas ada pada orang terdekat atau buah hati sebaiknya segera melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Jangan menutup diri dan hubungilah mereka yang ahli dalam bidang penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Yang dimaksud para ahli adalah dokter, praktisi narkoba, serta psikolog. Pada pasien perlu dilakukan pemurnian organ tubuh dari zat-zat berbahaya yang telanjur dikonsumsinya atau detoksifikasi.

Baca juga:

Tetapi bagaimana pun juga mencegah lebih baik daripada mengobati sehingga sejak awal bangunlah kedekatan dengan buah hati serta tanamkan iman untuk membentengi putra-putri Anda dari perbuatan yang diharamkan agama sekaligus melanggar hukum ini. Nah, semoga informasi tentang cara mengecek pengguna narkoba ini bermanfaat bagi Anda.

(Visited 101 times, 1 visits today)