Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Posted on

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya – Masalah jerawat memang pada umumnya banyak terjadi kepada para remaja yang mulai memasuki masa puber. Meskipun demikian pada beberapa orang dewasa jerawat juga masih sering muncul yang mungkin dipicu karena faktor genetik, kurang menjaga kebersihan kulit, atau karena perubahan hormon. Terdapat beragam cara menghilangkan jerawat seperti misalnya dengan obat-obatan kimia, melakukan perawatan pada klinik kecantikan atau dokter kulit, atau dengan bahan-bahan alami. Bila Anda memilih mencoba metode yang terakhir tersebut, berikut ini adalah beberapa resepnya.

cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, bekas jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan masker alami

Bahan-bahan yang digunakan sebagai masker untuk menyembuhkan jerawat sekaligus bekas jerawat berikut ini tergolong cukup mudah ditemukan dan beberapa bahkan selalu ada di dapur kita.

Masker beras

Masker beras berkhasiat untuk memutihkan wajah sekaligus menipiskan noda hitam akibat jerawat atau paparan sinar matahari. Cara membuatnya sangat mudah.

  1. Siapkan satu cangkir beras organik, cuci bersih, lalu rendam dalam air selama semalam.
  2. Keesokan harinya tiriskan beras lalu jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering giling beras menggunakan blender bumbu hingga menjadi tepung beras dan simpan dalam wadah yang bersih dan kering.
  3. Saat hendak digunakan, ambil satu sendok tepung beras dan campur dengan air mawar lalu aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan masker pada wajah yang telah dibersihkan hingga merata dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.
  4. Untuk Mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya lakukan perawatan 2 atau 3 kali seminggu.

Masker jeruk nipis

Tak hanya efektif untuk menghilangkan jerawat, masker jeruk nipis juga dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat yang cukup efektif. Anda mungkin akan merasa sedikit tak nyaman saat menggunakan masker ini karena terasa sedikit pedih pada wajah. Tetapi bila kondisi wajah tengah berjerawat parah dengan luka meradang, masker ini tak disarankan untuk digunakan.

  1. Siapkan buah jeruk nipis segar lalu cuci sampai bersih.
  2. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras untuk memperoleh sarinya.
  3. Tambahkan satu sendok teh madu murni dan aduk bersama air perasan jeruk nipis sampai merata.
  4. Oleskan ramuan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan kapas steril atau kuas masker. Diamkan hingga masker mengering dan terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih.

Demikianlah dua resep tradisional sebagai cara menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Selain bahan-bahan yang telah diulas di atas tersebut Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami lain seperti bawang putih, lidah buaya, kunyit, kencur, mentimun, tomat, atau kentang. Agar masker alami buatan sendiri tersebut memiliki khasiat yang lebih besar Anda bisa menambahkan sedikit madu atau minyak zaitun sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Nah selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

(Visited 4,416 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.