Cara Merawat Baju Dengan Mudah

Posted on

Acakadul.com – Kesal karena baju kesayangan berbau apak, berjamur, atau bahkan berlubang-lubang karena digerogoti serangga padahal pakaian tersebut jarang dikenakan dan lebih sering menjadi penghuni setiap lemari pakaian? Jika memang demikian Anda harus segera menerapkan cara merawat baju berikut ini agar berumur panjang dan tidak cepat rusak.

Cara Merawat Baju Dengan Mudah
Cara Merawat Baju Dengan Mudah

Cara cara merawat baju dengan sederhana

5 tips sederhana ini akan membantu menjaga pakaian-pakaian favorit dan baju sehari-hari Anda tahan lama dan selalu layak pakai.

  1. Simpan dalam keadaan bersih

Jangan pernah memasukkan baju yang masih kotor ke dalam lemari karena sisa kotoran dan keringat pada baju akan mudah ditumbuhi jamur. Selain itu aroma tubuh yang masih melekat berpotensi menarik serangga seperti ngengat sehingga baju Anda akan rusak. Walaupun hanya dikenakan sekali, tetap cuci pakaian Anda dengan bersih sebelum disimpan.

  1. Cuci sesuai petunjuk

Setiap pakaian tentu mempunyai label cara perawatan dan pencuciannya, misalnya “do not bleach”, “warm iron”, dan seterusnya.  Untuk menjaga keawetan pakaian, sebaiknya dalam mencucinya ikutilah petunjuk pada label tersebut.

  1. Beri pelembut

Cara merawat baju paling simple yang dapat Anda praktekkan adalah membubuhkan pelembut setelah pakaian dicuci seperti biasa. Cairan ini berfungsi untuk meluruskan serta  melembutkan serat kain sehingga lebih mudah disetrika dan kain akan berbau harum.

  1. Sirkulasi udara pada lemari

Untuk menghindari jamur, simpan pakaian yang bersih dan telah disetrika pada lemari yang mempunyai sirkulasi udara seperti lemari kayu. Bila ingin menyimpannya dalam plastik, sebaiknya beri silica gel atau beri lubang pada plastik tersebut agar tidak ditumbuhi jamur. Selain itu untuk pakaian yang jarang dipakai sebaiknya sesekali dikeluarkan untuk diangin-anginkan atau dijemur sebentar untuk menghindari jamur.

  1. Beri kamper

Kapur barus atau kamper berguna untuk mencegah ngengat dan serangga lain menyerang pakaian Anda. Selain itu pengharum pakaian ini juga akan menjaga pakaian dari aroma apak walaupun lama tak dipakai.

Demikianlah beberapa tips atau cara merawat baju yang dapat Anda terapkan di rumah. Untuk merawat kain-kain tradisional sebaiknya jangan dicuci tetapi lakukan pembersihan dengan dry clean. Bila terpaksa dicuci gunakan shampoo lembut dan hindari perendaman yang terlalu lama. Cukup cuci pada bagian yang kotor saja. Semoga bermanfaat!

(Visited 670 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.