Cara Mudah Melakukan Detoks Rambut

Posted on

Acakadul.com – Mungkin selama ini kita sudah sering mendengar tentang detoksifikasi tubuh untuk mengeluarkan racun-racun yang selama ini tak dapat diluruhkan dengan sempurna oleh proses alami metabolisme. Selain detoks tubuh, pernahkah Anda mendengar tentang detoks rambut? Tujuan dari kedua kegiatan ini sama yaitu demi kesehatan. Melakukan detoks pada rambut berguna untuk mengembalikan keindahan, kesegaran, dan keseimbangan alami rambut, sekaligus untuk melebatkan rambut.

Cara Mudah Melakukan Detoks Rambut
Cara Mudah Melakukan Detoks Rambut

Detoks rambut dibutuhkan oleh mereka yang selama ini sering menggunakan bahan kimia untuk merawat rambutnya sehari-hari mulai dari shampoo, gel atau spray untuk menata rambut, bahan kimia pengeriting rambut, pelurus rambut, serta pewarna rambut. Berbagai paparan bahan kimia tersebut lama-kelamaan akan membawa dampak buruk pada rambut yang terlihat dari gejala rambut kering, kaku, kasar, rontok, bahkan yang lebih buruk bisa sampai mengakibatkan kebotakan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini dengan detoks pada rambut?

Cara melakukan detoks rambut

Sebenarnya cara untuk membebaskan rambut kita dari bahan-bahan kimia tersebut tidaklah sulit hanya saja Anda harus telaten dalam melakukannya. Anda bisa memulai dari tidak menggunakan bahan kimia apa pun untuk merawat rambut Anda termasuk tak menggunakan shampoo sama sekali untuk keramas. Sebagai pengganti shampoo Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami yang juga memiliki khasiat sebagai pembersih sekaligus menutrisi rambut.

Bahan-bahan tersebut adalah baking soda, seduhan teh hijau, telur dan madu. Sementara untuk pengganti conditioner Anda bisa menggunakan cuka apel atau perasan jeruk nipis, dan perasan jeruk lemon. Pertama basahi rambut Anda, lalu aplikasikan bahan pembersih dan pijat-pijat kulit kepala seperti biasa. Diamkan rambut selama 3 menit lalu bilas sampai bersih. Setelah itu aplikasikan “conditioner” dan ratakan pada seluruh rambut kemudian bilas hingga bersih. Terakhir, keringkan rambut secara alami tanpa hairdryer.

Anda harus sangat sabar pada 6 minggu pertama karena rambut masih mengalami proses adaptasi. Rambut Anda akan terlihat lepek, berminyak, bahkan berketombe. Tetapi jangan patah semangat untuk memperoleh hasil yang memuaskan dan tetap lakukan perawatan dengan bahan alami ini. Setelah 2 atau 3 bulan Anda akan melihat rambut Anda menjadi semakin lebat, cepat panjang, dan indah. Nah, selamat mencoba perawatan alami detoks rambut!

(Visited 1,495 times, 1 visits today)