Cara Mudah Menabung Uang Untuk Membangun Rumah

Posted on

Acakadul.com – Rumah atau papan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang tak hanya sebagai tempat berteduh tetapi bisa juga menjadi penanda status sosial hingga investasi properti. Tak heran bila banyak orang bercita-cita untuk membeli atau membangun istananya sendiri. Sayangnya hal ini sering tak dapat diwujudkan dengan mudah terutama mereka yang ingin mempunyai rumah di kota-kota besar karena harga lahan atau properti yang melangit. Meskipun sering dikatakan tidak mudah tetapi impian ini juga bukan merupakan hal yang mustahil asalkan dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Berikut ini adalah tips mudah menabung uang untuk rumah.

menabung uang untuk rumah, tips menabung, bagaimana cara menabung untuk membangun rumah

Tips mudah menabung uang untuk rumah

Permasalahan yang sering terjadi saat kita mulai menabung untuk membeli atau membangun sebuah rumah adalah harga tanah, material bangungan, atau rumah yang semakin meningkat tetapi jumlah uang yang kita kumpulkan tidak mengalami pertambahan secara signifikan. Atau bisa juga nilainya semakin menurun karena tergilas inflasi dan belum lagi biaya potongan untuk administrasi bank. Contohnya, saat ini kita membutuhkan uang senilai 200 juta rupiah untuk membeli rumah dengan tipe 36, tetapi satu dekade kemudian harganya naik berkali lipat hingga menjadi 1 milyar. Lalu bagaimana cara menabung untuk membangun rumah dengan benar? Berikut ini adalah tipsnya.

  1. Menabung dengan emas

Sarana untuk menimbun kekayaan yang paling tahan terhadap inflasi adalah emas sehingga Anda direkomendasikan untuk menabung dalam bentuk emas untuk tujuan ini. Tabungan dalam bentuk emas (koin, batangan, atau perhiasan) seakan-akan memang selalu bertambah, padahal nilai uanglah yang sesungguhnya semakin berkurang.

  1. Menabung dengan properti

Seberapa pun uang yang Anda miliki saat ini Anda sebaiknya langsung saja membelikannya properti seperti tanah atau bangunan. Sebagaimana yang telah diulas di atas, nilai properti juga semakin lama akan semakin meningkat apalagi yang terletak di daerah strategis. Dengan demikian suatu saat nanti Anda bisa menukarnya untuk membeli istana idaman Anda.

  1. Memanfaatkan layanan KPR

KPR atau kredit kepemilikan rumah dapat menjadi ide menabung untuk rumah yang paling cocok bagi Anda. Dengan cara tersebut Anda hanya perlu menyiapkan uang muka sekitar 20% dari harga rumah, selanjutnya setiap bulan Anda harus membayar cicilan rumah selama sekian tahun sampai rumah tersebut lunas. Cara ini jauh lebih baik daripada terus-menerus berpindah kontrakan karena setelah lunas rumah tersebut menjadi milik Anda sepenuhnya.

Bisnis Modal 300rbu, Profit Bisa 3-7jt /bln. Bonus gak bisa di STOP dan dapat DIWARISKAN! KLIK DISINI

  1. Berinvestasi

Tips berikutnya sebenarnya tak terlalu tepat bila dikatakan sebagai tips menabung karena di sini Anda disarankan untuk mengumpulkan modal dalam bentuk aset yang memberi keuntungan seperti misalnya investasi saham, reksadana, obligasi, atau menanamkannya sebagai modal bisnis. Tetapi tentu selalu ada resiko kerugian dalam bisnis bila ternyata perputaran modal tersebut kurang berhasil. Resiko ini harus menjadi pertimbangan Anda atau carilah bentuk investasi yang paling minim resiko. Dengan demikian profit dari investasi ini bisa menjadi modal Anda untuk membeli rumah.

Baca juga :

Demikianlah kira-kira cara mudah menabung uang untuk rumah yang mungkin dapat menjadi alternatif solusi bagi Anda. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

(Visited 28,414 times, 5 visits today)