Cara Mudah Mengatasi Keputihan

Posted on

Keputihan tentu sudah merupakan keluhan klasik para wanita terutama pada usia produktif. Sesungguhnya keputihan fisiologis atau keputihan alami tak perlu menjadi hal yang Anda khawatirkan karena hal ini wajar terjadi karena perubahan hormon. Keputihan fisiologis wajar terjadi menjelang atau di akhir menstruasi, serta pada masa kehamilan. Ciri keputihan ini adalah keluarnya cairan bening, tak berbau, dan tak menimbulkan rasa gatal atau pedih. Walaupun menimbulkan rasa tidak nyaman tetapi sesungguhnya tak ada yang salah dengan gejala ini. Nah,  berikut ini adalah tips mudah untuk mengatasi keputihan yang mengurangi rasa tidak nyaman Anda.

Cara Mudah Mengatasi Keputihan
Cara Mudah Mengatasi Keputihan

Tips mudah mengatasi keputihan

Beberapa kebiasaan yang sangat mudah diterapkan dalam keseharian Anda akan sangat membantu untuk membuat Anda tetap merasa nyaman walaupun keputihan tengah menyerang. Yang paling penting adalah menjaga area kewanitaan tetap kering agar tak menciptakan lingkungan yang nyaman bagi organisme parasit untuk berkembang biak.

  1. Rajin berganti pakaian dalam

Anda akan merasa tidak nyaman bila area kewanitaan terasa lembab atau basah akibat keputihan, untuk itu rajinlah berganti pakaian dalam paling sedikit dua kali sehari saat mandi pagi dan sore. Pilihlah celana dalam berbahan katun yang sejuk dan menyerap keringat serta pilih model yang tak terlalu ketat.

  1. Mengenakan panty liner

Selain rajin berganti pakaian dalam, Anda juga dapat mengenakan panty liner bila cairan keluar agak banyak. Tetapi pilihlah panty liner berkualitas dengan bahan kapas 100% untuk menghindari iritasi.

  1. Menjaga kebersihaN

Rajinlah menjaga  kebersihan organ genital Anda untuk mengurangi rasa lembab atau gatal. Caranya adalah dengan membasuhnya dari bagian depan ke belakang agar kuman atau kotoran dari arah anus tak hinggap di area kewanitaan Anda. Setelah buang air, keringkan area ini dengan kain katun bersih atau tisu toilet.

  1. Rebusan daun sirih

Satu  cara  mengatasi keputihan menggunakan bahan tradisional yang dapat Anda coba adalah menggunakan daun sirih. Caranya, ambil daun sirih secukupnya, cuci sampai bersih lalu rebus hingga mendidih. Dinginkan ramuan dan gunakan untuk membasuh area kewanitaan Anda. Cara ini lebih disarankan daripada menggunakan pembasuh vagina kimia.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk mengatasi keputihan bagi Anda. Untuk keputihan patologis atau penyakit dengan gejala cairan berwarna putih keruh atau kekuningan, berbau tidak sedap, dan menimbulkan rasa gatal atau pedih sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi ini dapat menjadi indikasi terjadi gangguan kesehatan pada organ reproduksi.

(Visited 1,729 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.