WASPADA PENIPUAN ONLINE! Kenali 8 Ciri-Ciri Penipuan Online

Posted on

Ciri-Ciri Penipuan Online – Apakah Anda sudah sering mendengar atau membaca tentang penipuan online di berbagai media? Atau bahkan pernah menjadi salah satu korbannya sehingga Anda enggan berbelanja lagi via internet? Sesungguhnya hal itu bisa diantisipasi dengan mencermati ciri-ciri penipuan online sehingga kita terhindar dari kejahatan dunia maya tersebut.

Mengetahui ciri-ciri penipuan online

Dengan mengenali kriteria penipu online artinya kita telah menjadi konsumen cerdas yang dapat melindungi diri sendiri dari cyber crime ini. Berikut ini adalah panduannya bagi Anda.ciri-ciri penipuan online, mengenali kriteria penipu online, trik menghindari penipuan

1. Promosi lewat sms

Jangan langsung percaya bila Anda yang mengirimkan promosi via sms untuk berbagai produk seperti misalnya elektronik, pakaian, ponsel, atau yang lainnya. Beberapa modus penipuan bahkan mencantumkan alamat website (pada umumnya domain tak berbayar) yang sengaja mereka buat untuk menjebak lebih banyak konsumen.

 

2. Nomor pengirim dan nomor yang tercantum pada sms berbeda

Dalam etika bisnis kita tak diijinkan untuk mengirimkan sms berisi tawaran produk tanpa disetujui oleh yang bersangkutan karena hal ini termasuk spamming. Bisa saja oknum penipu menggunakan program pengiriman sms massal atau sms gateway server. Jadi jangan hiraukan sms-sms demikian apalagi bila Anda sampai mengirim sejumlah uang.

3. Produk yang sangat murah

Karakter paling mudah mengetahui bahwa online shop tersebut abal-abal adalah harga produk yang luar biasa murah, bahkan diskon yang mencapai 50% atau lebih. Inilah trik untuk membuat konsumen tergiur dan masuk pada perangkap mereka. Penjual asli atau bukan penipu akan mematok harga resmi dari perusahaannya tanpa melakukan cutting price atau diskon.

4. Nomor rekening berbeda-beda

Untuk mengetahui kasus penipuan didunia maya paling mudah adalah dilihat dari nomor rekening sipenjual tersebut, jika nomor rekening penjual tersebut berbeda-beda dapat dipastikan toko online atau penjual tersebut penipu. Cara mengetesnya, cobalah sms order dengan nomor berbeda dan minta nomor rekening yang berbeda, misal no A minta rekening BCA sedangkan no B minta rekening BNI dilihat nama penerimanya sama atau tidak. Atau minta semua nomor rekening yang tersedia. Jika berbeda, Anda harus berhati-hati

5. Website tak berbayar

Online shop profesional akan menyediakan modal untuk marketing produk mereka misalnya dengan membuat website yang memberikan kesan resmi serta profesional. Salah satunya adalah dengan menggunakan domain pribadi yang berbayar. Jadi trik menghindari penipuan berikutnya adalah waspada dengan online shop yang beriklan dengan iklan baris gratis, forum gratis, atau website gratis.

6. Tak menerima COD

Bila online shop tersebut tak menerima sistem cash on delivery, sebaiknya jangan teruskan transaksi Anda. Konsumen harus tahu bahwa para oknum ini hanya ingin menggelapkan dana Anda dan sebenarnya tak mempunyai produk yang diiklankan.

7. Tak mencantumkan atau tidak berani kasih alamat toko

Secara umum orang membuat online shop untuk menunjang toko offline mereka, sehingga Anda sebaiknya tak berurusan dengan online shop yang tak menyantumkan alamat sama sekali. Walaupun tak mempunyai toko offline, para pengusaha ini pasti akan memberikan alamat rumah atau domisili untuk meyakinkan pelanggan.

Minuman Herbal Detoksifikasi Untuk Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

8. Tak menerima Escrow atau rekber

Para penjahat dunia maya tak menerima transaksi dengan rekber alias rekening bersama dengan berbagai alasan. Secara logis seandainya mereka adalah pedagang yang jujur pasti tak akan bermasalah bila menggunakan rekber. Para penipu akan mengupayakan konsumen langsung mengirim uang pada rekening mereka dan setelah itu kabur tanpa bisa dihubungi lagi.

Nah, demikianlah 7 ciri-ciri penipuan online yang penting untuk Anda ketahui. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

(Visited 11,983 times, 2 visits today)

2 thoughts on “WASPADA PENIPUAN ONLINE! Kenali 8 Ciri-Ciri Penipuan Online

  1. Harus selalu waspada yah ….. 🙂
    Baca tipsnya seperti diatas. Terimakasih sudah berkunjung

Comments are closed.