Fakta dan Sejarah Menarik Sukarno

Posted on

Fakta dan Sejarah Menarik Sukarno – Generasi anak muda sekarang tidak banyak yang mengetahui tentang sejarah Sukarno sebagai mantan Presiden RI yang pertama yang membawa Indonesia menuju kemerdekaan. Namun, Sukarno sendiri selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia lewat pidato proklamasinya yang selalu dikumandangkan di setiap tanggal 17 Agustus. Menjadi Presiden pertama yang harus jatuh bangun dalam membangun Indonesia, perjuanganya pasti akan dikenang sebagai pahlawan bangsa.

sejarah sukarno, hal menarik tentang sukarno

Sejarah Sukarno Sebelum Menjadi Presiden

Ada banyak hal menarik tentang Sukarno sebagai Presiden pertama RI ini semasa hidupnya. Presiden Sukarno berasal dari Blitar yang berada di propinsi Jawa Timur. Beliau lebih akrab dipanggil dengan sebutan Bung Karno. Beliau dilahirkan pada tanggal 6 Juni 1901 yang memiliki nama asli bernama Koesno Sosrodihardjo. Dilahirkan oleh pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjon dan Ida Ayu Nyoman Rai. Sejak kecil sampai menamatkan sekolahnya, beliau menempati rumah milik Haji Oemar Said yang berlokasi di Surabaya. Haji Oemar Said Tjokroaminoto ini merupakan pendiri dari kelompok Serikat Islam. Setelah lulus, Soekarno kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi di Hoogere Burger School. Beliau banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan nasionalisme sehingga membuat beliau makin mencintai Indonesia.

Soekarno menempuh pendidikan selama enam tahun sampai meraih gelar Insinyur pada akhirnya. Hal pertama yang dilakukan oleh Sukarno adalah mendirikan Partai Nasional Indonesia pada tanggal 4 Juli 1927 dengan paham Marhaenisme sebagai landasan organisasi. Tujuan beliau membentuk partai Nasional Indonesia adalah supaya bangsa Indonesia bisa bebas dan merdeka dari Jajahan Belanda hingga kemudian beliau menjadi Presiden. Beliau sangat suka berorasi atau berpidato sehingga dijuluki sebagai bapak Proklamator. Orasi-orasi beliau semasa menjabat sebagai Presiden sangat menyentuh warga masyarakat sehingga banyak sekali yang mengaggumi beliau.

Fakta-Fakta Presiden Sukarno

Selain sejarah, ada beberapa hal menarik tentang sukarno yang tidak tercatat dalam buku pelajaran sekolah namun Anda patut mengetahuinya sebagai pengetahuan umum.

Berikut fakta menarik tentang Sukarno:

  • Bung Karno memiliki nama asli yang sudah diganti sebanyak tiga kali yaitu Koesno Sosrodiharjo, Soekarno, dan Sukarno
  • Warga Belanda pernah memikul sepeda karena Bung Karno
  • Sukarno memiliki banyak istri
  • Nama Sukarno diabadikan sebagai nama jalan di beberapa negara
  • Sukarno memiliki panggilan Ahmed di berbagai negara
  • Pada saat menyebutkan isi Proklamasi, ternyata Presiden Sukarno menderita gejala malaria

Sudah sepantasnya, sebagai warga Indonesia, Anda harus mengetahui sejarah Sukarno sebagai Presiden Indonesia. Karena jasa-jasanya, Sukarno sangat dihormati oleh negara-negara di dunia. Sepatutnya di setiap sekolah-sekolah selalu diajarkan tentang sejarah bapak Presiden pertama ini agar generasi muda dapat mengetahui bagaimana susahnya perjuang Sukarno dalam memerdekakan Indonesia dari penjajah. Semoga generasi muda dapat meneruskan perjuangan Sukarno dengan berbagai cara agar Indonesia selalu merdeka.

(Visited 2,081 times, 1 visits today)