Inilah Alasan Terbesar Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Yang Tidak Banyak Disadari

Posted on

Tahukah Anda tentang sebenarnya apa alasannya sehingga banyak yang mengatakan bahwa pentingnya pendidikan anak usia dini. Sebagai orang tua tentunya menginginkan semua hal yang terbaik untuk anaknya. Salah satunya tentunya adalah dalam hal pendidikannya.

Pendidikan menjadi sebuah hal yang sangat penting dikarenakan dengan pendidikan inilah manusia bisa menjadi berbeda dari makhluk Tuhan lainnya. Bahkan para filosof terdahulu mengatakan apabila pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia.

pendidikan usia dini, pentingnya pendidikan anak usia dini

Lantas pertanyaanya kemudian adalah bagaimana caranya untuk menerapkan pendidikan tersebut? Pada usia berapa kita harus mengawalinya? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kita harus mengawali pendidikan sejak usia anak masih dini. Kenapa bisa seperi itu, inilah alasannya pentingnya pendidikan anak usia dini.

1. Periode emas (golden age)

Anak usia 0-8 tahun disebut juga dengan periode emas. Kenapa bisa disebut dengan periode emas, karena dalam rentan usia tersebut merupakan periode dimana otak manusia sedang berkembang sangat pesat. Bahkan pada anak usia 5 tahun pertama memiliki kemampuan photographic memory yaitu sebuah kemampuan mengingat seperti mata kamera. Jadi dalam hal ini kemampuan mengingatnya sangatlah kuat.

2. Pembentukan Karakter Anak

Alasan pentingnya pendidikan anak usia dini selanjutnya adalah untuk pembentukan karakter dari anak tersebut. Pada dasarnya karakter manusia sangat dipengaruhi oleh alam bawah sadarnya. Sedangkan alam bawah sadar manusia kebanyakan terbentuk pada saat anak masih dalam usia dini. Maka dari itu sebenarnya karakter itu bukan serta merta bawaan dari genetika akan tetapi ada faktor lain juga yang memperngaruhinya.

3. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)

Pada dasarnya pendidikan anak pada saat usia dini merupakan sebuah pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam hal untuk pembangunan sumber daya manusia. Maka dari itu tidak mengherankan apabila di negara-negara yang maju pendidikan usia dini sangat diperhatikan dengan sangat teliti, bahkan para pendidikanya tidak main-main yaitu dari para professor.

Itulah beberapa alasan kenapa pentingnya pendidikan anak usia dini. Maka dari itu perhatikanlah hal semacam ini agar supaya Anda memiliki anak sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

(Visited 287 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.