Inilah Rekomendasi Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Kencing Manis

Posted on

Bagi Anda penderita diabetes atau kencing manis yang ingin tetap menjalankan aktifitas hariannya dengan optimal sebagaimana mereka yang sehat, salah satu hal yang harus Anda upayakan adalah mengatur pola makan secara ketat baik berkaitan dengan jenis makanan, jumlah, maupun jadwal makan Anda. Inilah rekomendasi menu makanan sehat penderita kencing manis untuk Anda.

Referensi menu makanan sehat penderita kencing manis

Kelainan yang disebut resistensi insulin atau kekurangan produksi insulin dalam tubuh penderita kencing manis perlu diwaspadai oleh pengidapnya agar kadar glukosa darahnya tak melonjak. Beberapa makanan penderita kencing manis yang disarankan berikut ini mengandung indeks glikemik rendah serta memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan penderita diabetes.

menu makanan sehat penderita kencing manis, makanan penderita kencing manis, pantangan penderita kencing manis

1. Sekam Psyllium

Psyllium adalah Tumbuhan kaya serat tersebut berkhasiat untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita kencing manis. Bahan makanan ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan karena berkhasiat untuk mengendalikan gula darah menjadi 2% lebih rendah. Tetapi sebaiknya Anda menunggu hingga 4 jam sebelum mengonsumsi obat setelah memakan hidangan ini karena dapat mengganggu penyerapan obat.

2. Kacang cannellini

Kacang yang sering menjadi campuran hidangan Italia ini mempunyai indeks glikemik yang paling rendah dibandingkan jenis kacang-kacangan yang lain. Selain itu jenis kacang ini juga mempunyai kandungan serat serta protein yang dibutuhkan oleh penderita diabetes.

3. Bayam

Mereka yang mengonsumsi bayar dan sayuran hijau lainnya lebih dari satu porsi sehari akan mengalami penurunan resiko diabetes. Ini karena sayuran hijau mempunyai berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin K, magnesium, folat, seng, potasium, dan fosfor.

Selain 3 jenis makanan di atas, penderita diabetes sebaiknya juga mengonsumsi ubi jalar, walnut, Kinoa, kayu manis, kunyit, tomat, serta yoghurt rendah lemak. Nah, penting pula bagi Anda untuk mempunyai referensi tentang makanan pantangan penderita kencing manis, seperti misalnya:

  1. Makanan yang diolah dengan cara digoreng karena akan memicu peningkatan kadar kolesterol.
  2. Kafein akan memberikan dampak negatif bagi pankreas sebagai pabrik insulin yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna gula.
  3. Penderita diabetes sebaiknya juga tak menyentuh alkohol sama sekali karena akan mempengaruhi kinerja pankreas sehingga semakin sulit memproduksi insulin.

Yang juga merupakan pantangan bagi menu makanan sehat penderita kencing manis adalah, buah-buahan yang manis seperti mangga, nangka, semangka, durian, dan lain-lain. Nasi, roti, dan pasta putih sebaiknya juga dihindari sama sekali karena berpotensi melonjakkan kadar gula darah Anda. Semoga bermanfaat

(Visited 246 times, 1 visits today)