Jenis-Jenis Investasi Modern

Posted on

Jenis-Jenis Investasi – Untuk menambah penghasilan atau aset banyak orang melakukan investasi dengan menanamkan sebagian simpanannya pada berbagai produk lembaga penghimpun dana masyarakat untuk dikembangkan. Bagi Anda yang juga berminat untuk mencoba tetapi masih belum menemukan produk yang sesuai bagi Anda, berikut ini adalah referensinya bagi Anda.

investasi, cara investasi, tips investasi, investasi yang bagus

Ragam investasi modern

Secara umum cara investasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu dalam bentuk aset finansial dan aset riil. Aset finansial adalah aset yang tak dapat kita lihat wujudnya secara langsung tetapi dengan surat berharga seperti bukti kepemilikan tabungan, reksadana, saham, deposito, dan lain-lain. Sementara untuk aset riil adalah aset berwujud seperti tanah, rumah, atau emas. Ragam investasi antara lain:

  1. Tabungan

Tabungan adalah simpanan uang pada bank untuk dipergunakan sewaktu-waktu bila dibutuhkan. Keuntungan investasi ini adalah tak beresiko dan bisa diambil kapan saja. Sementara kerugiannya adalah nilainya bisa berkurang karena inflasi serta sulit berkembang karena bunganya kecil.

  1. Deposito

Bagi Anda yang enggan khawatir akan resiko, deposito dapat menjadi tips investasi yang sesuai. Arti dari deposito adalah penyimpanan dana dengan jangka waktu tertentu dan nasabah tak dapat mengambil dana tersebut sekehendaknya atau akan terkena penalty dari bank. Kerugian dari deposito ini adalah bunga yang diterima lebih sedikit dibandingkan jenis investasi lain.

  1. Reksadana

Reksadana dapat menjadi investasi yang bagus bagi Anda karena Anda tak perlu mengelolanya sendiri melainkan oleh ahlinya sehingga peluang mendapat keuntungan lebih besar. Resikonya adalah Anda harus membayar pengelola modal dan selain itu profitnya juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan saham atau forex. Dana yang dihimpun dari masyarakat ini dikelola oleh manajer investasi dan disalurkan pada berbagai produk investasi lain.

  1. Obligasi

Yang dimaksud dengan obligasi adalah surat hutang yang artinya kita memberi pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah dalam jangka waktu tertentu. Imbal balik investasi yang satu ini lebih besar dibandingkan tabungan atau deposito. Tetapi Anda harus memperhatikan faktor resikonya, yaitu kemungkinan perusahaan yang kita beri pinjaman mengalami pailit. Oleh karena itu sebaiknya Anda bermitra dengan perusahaan negara dalam investasi obligasi ini.

  1. Saham

Saham artinya adalah kepemilikan pada suatu perusahaan sehingga kita berpartisipasi dalam modal perusahaan tersebut. Keuntungan yang diterima oleh pemilik saham adalah deviden atau selisih dari pembelian dengan penjualan saham bila ditransaksikan dalam pasar saham. Bila harga saham naik Anda bisa memperoleh banyak keuntungan, dan saat saham turun Anda beresiko mengalami kerugian yang besar pula.

Selain 5 jenis investasi sebagaimana yang telah diulas di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menanamkan dana Anda dalam bentuk simpanan emas atau properti. Nah, semoga bermanfaat!

(Visited 625 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.