Kebenaran Dalam Mitos Kehamilan

Posted on

Mitos Kehamilan – Pada kondisi hamil pada umumnya wanita akan mendapatkan banyak saran dari para “senior” seperti misalnya ibunda, ibu mertua, atau kerabat lain. Beberapa saran tersebut cukup masuk akal tetapi ada pula yang kadang tak dapat dicerna logika. Lalu bagaiman sesungguhnya kita harus menyikapi hal-hal yang berkaitan dengan mitos kehamilan? Mari kita simak bersama kebenaran tentang beberapa mitos ini.

mitos kehamilan, mitos tentang orang hamil, kebenaran mitos tersebut

Fakta atau mitos kehamilan

Berikut ini adalah beberapa mitos tentang orang hamil yang cukup populer di kalangan masyarakat.

1. Makan garam akan membuat kaki menjadi bengkak

Kondisi kaki bengkak pada ibu hamil terjadi karena aliran darah pada vena atau pembuluh darah balik kurang lancar dan hal ini tak ada sangkut-pautnya dengan garam. Tetapi pada wanita pengidam darah tinggi yang hamil, meningkatnya konsumsi garam bisa membawa dampak serius yaitu tingginya tekanan darah yang dapat membahayakan kehamilan. Pada wanita penderita hipertensi memang ada hubungannya antara pembengkakan pada kaki serta kenaikan tekanan darah akibat konsumsi garam. Baca 4 Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Cukup Membahayakan

2. Minum es akan membuat bayi besar sehingga harus dioperasi caesar

Sesungguhnya yang menyebabkan bayi menjadi besar bukanlah es tetapi gula yang sering terdapat pada minuman segar yang diberi tambahan es. Hal ini berpotensi lebih besar pada wanita yang menderita kencing manis. Minum es tidak berbahaya bagi ibu hamil karena akan keluar dari tubuh dalam bentuk air seni atau keringat.

3. Buah nanas penyebab keguguran

Banyak wanita yang menghindari konsumsi buah nanas saat hamil karena khawatir mengalami keguguran. Kebenaran mitos tersebut tidak ada karena faktanya buah nanas justru memiliki kandungan vitamin c dan serat yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Hanya saja Anda sebaiknya tak mengonsumsinya berlebihan karena beberapa wanita tak tahan dengan cita rasanya yang asam atau karena pencernakannya yang sensitif. Baca Ini Loh Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

4. Susu kedelai membuat kulit bayi putih

Tak ada hubungannya antara susu kedelai dengan kulit bakal bayi Anda karena kenyataannya warna kulit bayi ditentukan oleh pigmen yang berkaitan dengan faktor genetik orang tua. Meskipun demikian tetaplah mengonsumsi susu kedelai karena kandungan nutrisinya akan menunjang perkembangan janin sehingga tumbuh optimal.

5. Jeruk membuat kulit bayi berlendir dan kuning

Jangan takut mengonsumsi buah jeruk saat tengah mengandung karena buah tersebut kaya kandungan vitamin C . Tetapi konsumsilah secara wajar dan jangan berlebihan karena bisa berbahaya saat usia kandungan masih muda karena memicu rasa mulas pada perut. Sebaiknya pilih buah jeruk yang sudah masak dan bercita rasa manis.

Baca juga :

Selain beberapa mitos kehamilan yang diulas di atas, di masyarakat masih banyak beredar mitos-mitos lain yang berhubungan dengan wanita hamil. Sebaiknya jangan percaya begitu saja dan cobalah untuk mencari penjelasan ilmiah atas kasus-kasus tersebut.

(Visited 23 times, 1 visits today)