Kelebihan Asuransi Jiwa Serta Tips Memilih Asuransi

Posted on

Tips Memilih Asuransi – Kesadaran masyarakat akan asuransi saat ini telah semakin tinggi yang diakibatkan karena semakin meningkatnya perekonomian serta gaya hidup mereka. Apalagi saat ini sudah sangat banyak perusahaan asuransi di Indonesia ini baik yang merupakan perusahaan lokal atau perusahaan mancanegara yang menyediakan berbagai produk asuransi termasuk asuransi jiwa. Kelebihan asuransi jiwa terutama adalah bagi mereka yang dalam keluarganya berperan sebagai tulang punggung yang menjadi sandaran finansial bagi anggota keluarga lainnya.

Kelebihan Asuransi Jiwa Serta Tips Memilih Asuransi
Tips memilih asuransi jiwa

Dari uraian di atas tentu Anda sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa tak semua orang sesungguhnya membutuhkan asuransi jiwa tetapi lebih diutamakan pada mereka yang menjadi tulang punggung atau kepala keluarga. Jadi bila sewaktu-waktu terjadi hal yang terburuk maka anggota keluarga yang lain paling tidak tak akan mengalami kesulitan keuangan karena tertanggung akan mendapat ganti rugi dari perusahaan asuransi. Hal ini akan memperingan beban keluarga walaupun tentu saja sejumlah uang tetap tak dapat menggantikan arti seseorang bagi keluarga yang mencintanya.

Tips memilih asuransi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya saat ini sudah banyak perusahaan jasa penyedia layanan asuransi ini mulai dari yang konvensional atau syariah dari perusahaan asuransi lokal atau dari luar negeri. Nah, demikian ini adalah tips memilih asuransi bagi Anda.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tak berbeda dengan membeli barang, dalam memilih asuransi pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pada perusahaan asuransi memang terdapat berbagai produk sehingga Anda bisa memilih yang paling cocok untuk Anda. Cermati resiko yang akan ditanggung oleh perusahaan seperti misalnya jaminan pensiun, penyakit parah, pendidikan anak, dan sebagainya.

  1. Anggaran

Agar tak mengganggu alokasi dana untuk kepentingan yang lain sesuaikan budget untuk asuransi. Idealnya dalam teori perencanaan keuangan, besarnya pendapatan yang sebaiknya dialokasikan untuk asuransi adalah sebesar 10% hingga 20%.

  1. Kredibilitas perusahaan

Memilih  perusahaan yang profesional dan terpercaya adalah hal yang sangat penting mengingat asuransi adalah perjanjian jangka panjang. Oleh karena itu pillihlah perusahaan yang tak memiliki riwayat buruk dalam hal pengelolaan keuangan. Anda juga dapat memonitor kinerja perusahaan serta perkembangannya. Anda bisa melihat laporan keuangan perusahaan pada surat kabar atau media lainnya dengan memperhatikan peringkatnya.

  1. Pertimbangkan dengan cermat

Dalam memilih asuransi terbaik banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda seperti misalnya kelebihan serta kekurangan asuransi jiwa sebagai salah satu produk dari perusahaan incaran Anda. Jangan malu bertanya kepada agen asuransi tersebut secara detail beragam hal yang tidak Anda mengerti tentang plafon asuransi tersebut. Agar tak menyesal di kemudian hari pastikan asuransi pilihan Anda tak hanya melindungi Anda tetapi juga melindungi orang-orang terdekat Anda.

Semoga ulasan tentang kelebihan asuransi jiwa serta tips memilihnya ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mendaftar pada perusahaan asuransi.

(Visited 296 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.