Ladies, Tanda-Tanda Kesehatan Ini Wajib Kalian Ketahui dan Waspadai

Posted on

Kalau kalian melihat beberapa perubahan yang terjadi divagina kalian, itu wajar dan normal. Namun masih ada yang harus kita cermati, dan tidak boleh mengabaikanya

Berikut ini adalah 17 masalah kewanitaan yang  wajib kamu waspadai :

1. Lupa ada yang tertinggal didalam

Gynecologist mengatakan bahwa mayoritas wanita sering lupa akan kebersihan vagina. Anehnya mereka menyadari ada yang tidak normal yang berupa bau. Gynecologist juga menemukan penyebab lain seperti bagian yang sedang luka dari “mainan”.

2. Adanya Benjolan

Benjolan didalam vagina merupakan hal yang umum, mungkin benjol bisa karena kelenjar Bartolin. Ada 2 jenis benjolan yang diakibatkan karna tersumbatnya pori-pori  dan saluran. Jika sakit sebaiknya lekas mengunjungi dokter.

3. Folikulitis

Folikulitis atau yang biasa disebut radang folikel rambut biasanya Nampak seperti jerawat yang terkadang bekas lukanya tidak hilang. Hal ini bisa terjadi karena pencabutan, mencukur, dan berkeringat.

4. Masalah Kulit

Eksim, Prosriasis dan Kanker kulit bisa muncul pada kulit di vagina. Sehingga sangatlah dianjurkan untuk sering melakukan pemeriksaan.

5. Varises

Salah urat didalam vagina sering muncul pada wanita yang sedang mengandung. Urat ini muncul akibat dari duduk yang kelamaan atau berdiri. Tidak ada obatnya, karna masalah ini wajar dan mudah sembuh.

6. Vagina tidak bisa merasakan kepuasan

Kalau kalian menemui masalah ini, jangan panik. Masalah ini bisa terjadi kalau kalian masih menyusui, mengkonsumsi pil untuk alergi, pil KB dan lain-lain. Dalam kasus ini kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ahli dalam hal ini.

tanda kesehatan serius wanita, tanda-tanda kesehatan wanita, kesehatan wanita
Kesehatan wanita yang wajib diwaspadai [Image source]
7. Gatal dan Keputihan

Infeksi ini disebabkan oleh jamur, dan jamur ada karena menggunakan pakaian renang yang basah, menggunakan antibiotic. Masalah ini mudah mengatasinya, banyak obatnya. Namun agar tidak salah obat. Alahkah baiknya segera konsultasikan ke dokter.

8. Putih sekresi dan Bau tak enak

Kondisi ini diakibatkan ketidakseimbangan pH vagina, obat vagina dapat membantu kondisi ini.

9. Gatal dan sensasi panas

Gejala ini bisa muncul akibat jamur dan penyakit seksual antara lain sifilis, klamidia atau gonore. Cobalah lakukan tes untuk mengetahui kondisinya.

10. Penyempitan

Gejala ini dikenal sebagai Vaginismus. Vagina mengalami disfungsi seksual yang muncul saat mencoba penetrasi namun tiba tiba vagina mengerut. Ini sangat menyakitkan. Kalian harus mengunjungi dokter

11. Tidak bisa menempatkan tampon

Ini berhubungan dengan takdir atau orang jawa biasa menganggapnya gawan bayi, beberapa wanita terlahir dengan selaput dara tebal dan hal ini yang menyebabkan vagina tidak bisa menempatkan tampon. Ini diperlukan sebuah operasi.

12. Gatal didaerah bawah

hal ini bukan berarti akibat dari penyakit menular seksual, bisa saja hanya dari iritasi kulit. Biasanya muncul ketika selesai berenang dilaut, menggenakan pakaian sintetis, tidak cocok dengan sabun dan sebagainya, kalian harus mencuci bagian intim dengan air bersih saja. Kalau tetap gatal-gatal bisa jadi dari masalah yang lebih serius.

13. Sering ke Toilet dengan sensasi terbakar

Gejala ini bisa jadi infeksi saluran kemih yang menjadi penyebabnya. Ini dapat menular seksual, cobalah konsumsi antibiotic.

14. Merasakan sakit di Vagina

Jika merasa sakit akibat berhubungan seksual, mungkin karena kekeringan, infeksi, dan menstruasi. Sesegera mungkin untuk mengunjungi dokter kandungan

15. Pendarahan diluar menstruasi

Pendaharan setelah berhubungan intim bisa diakibatkan oleh infeksi, kekeringan vagina bahkan kanker meskipun pendarahan kadang-kadang kecil adalah normal.

16. Adanya gelembung vagina

Gejala ini bisa muncul karena penyakit herpes genital atau HPV, cobalah lakukan tes walaupun tidak obat untuk kondisi ini. Setidaknya anda melindungi pasangan kalian.

17. Kadang nyeri, sekresi dan menyakit saat hubungan intim yang disertai demam

Jika kalian mempunyai gejala ini dengan sering buang air kecil dan muntah. Cepat kunjungi dokter. Jika ditemukan saat itu juga dapat diobati, namun kalau telat dapat menyebabkan infertilitas.

Semoga info kesehatan wanita diatas dapat menambah wawasan Anda untuk memahami lebih tentang kesehatan kewanitaan agar tidak terlambat untuk mengatasinya. Silahkan share kepada teman-teman wanita Anda dimanapun berada.

Sumber : Healthy Food Team

(Visited 236 times, 1 visits today)