Makanan Yang Harus Diwaspadai Di Waktu Lebaran

Posted on

Setelah berpuasa ramadhan selama sebulan penuh pada umumnya orang akan merayakan hari lebaran dengan meriah terutama yang berkaitan dengan hidangan. Padahal kebanyakan kuliner lebaran di tanah air mengandung banyak santan, lemak, jeroan, kalori, serta gula tinggi. Inilah sebabnya kita harus mengendalikan nafsu makan agar acara silaturahmi di hari lebaran tak berujung pada gangguan kesehatan. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang harus diwaspadai saat lebaran tiba.

Jenis makanan yang harus diwaspadai di hari raya lebaran

Sesungguhnya tak ada larangan untuk menyantap hidangan khas hari lebaran asalkan tak berlebihan. Beberapa hidangan berikut ini tak pernah absen kita temukan di meja makan saat hari lebaran.

makanan yang harus diwaspadai, makanan yang harus diwaspadai saat lebaran tiba, makanan diwaspadai saat lebaran

  1. Opor ayam, gulai atau rendang

Makanan yang harus diwaspadai yang sesungguhnya sering kita temui sehari-hari tersebut bahan dasarnya adalah daging sapi atau ayam yang memang sudah mengandung lemak. Tambahan kuah santan yang berkolesterol tinggi tentu harus membuat Anda semakin waspada untuk tak mengonsumsinya terlalu banyak.

  1. Soto daging atau jeroan

Citarasa lezat masakan dengan bahan dasar babat, kikil, usus, atau paru ini ternyata menyimpan bahaya besar bagi kesehatan kita karena bila disantap berlebihan bisa meningkatkan resiko terserang penyakit jantung, asam urat, dan serangan stroke.

  1. Gulai, sate, atau kari daging dan ayam

Makanan diwaspadai saat lebaran berikutnya adalah gulai, sate, atau kari daging dan ayam yang memang terbuat dari daging yang tentu saja tak direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Kandungan kolesterol hidangan ini juga ditambah dari kuah santan yang merupakan bahan favorit kebanyakan kuliner tanah air. Musuh utama jantung ini seharusnya membuat Anda cukup khawatir bila ingin menyantap hidangan ini banyak-banyak.

  1. Kue kering

Snack yang telah menjadi tradisi di hari lebaran adalah kue-kue kering seperti kastengel, putri salju, dan nastar. Saking lezatnya dan bentuknya yang mungil kadang membuat orang ketagihan dan tak bisa berhenti menyantapnya sebelum habis satu toples. Harus diingat bahwa bahan dasar pembuat cookies ini adalah terigu, gula pasir, serta mentega. Dengan demikian kandungan kalori kue kering cukup tinggi. Bahaya yang mengintai di balik kelezatan snack ini adalah diabetes, hipertensi, stroke, serta serangan jantung.

Sebagai langkah antisipasi, batasi porsi dalam menyantap makanan yang harus diwaspadai saat lebaran tiba tersebut. Sebaiknya tambahkan buah dan sayur terutama yang kaya serat seperti misalnya buah kiwi. Kandungan bahan dalam buah tersebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernakan, mencegah sembelit, mengendalikan kadar lemak serta glukosa darah, serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Nah, demikianlah beberapa jenis hidangan atau makanan yang harus diwaspadai di hari lebaran. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang memperoleh manfaatnya.

(Visited 1,208 times, 1 visits today)