Mari Ikuti Cara Menabung Dengan Emas

Posted on

Emas bisa menjadi salah satu alternatif cara menabung yang cukup efektif dan sudah banyak yang menggunakan sistem ini sebagai sarana investasi bagi masa depannya. Produk emas menjadi pilihan karena tergolong cukup aman karena nilai emas tak akan berkurang seiring berjalannya waktu atau bisa juga dikatakan tak terpengaruh oleh inflasi. Selain itu investasi ini juga bisa dilakukan secara mandiri atau berada di dalam kekuasaan pemilik tanpa bisa dipengaruhi pasar agar tetap dapat disebut sebagai aset. Anda direkomendasikan untuk memilih emas murni bila memang ingin menggunakan produk ini sebagai investasi dan bukan emas perhiasan.

cara menabung, cara menabung dalam bentuk emas, cara menabung dalam bentuk emas yang benar

Cara menabung dalam bentuk emas dengan efektif

Agar tujuan menabung emas Anda bisa tercapai secara efektif berikut ini adalah cara menabung dalam bentuk emas yang bisa Anda terapkan.

  1. Tentukan suatu tujuan untuk investasi emas Anda, misalnya biaya nikah, ongkos naik haji, untuk membeli mobil, dan sebagainya. Agar impian tersebut terwujud pasang tekad Anda kuat-kuat.
  2. Bila jumlah simpanan Anda sudah cukup untuk membeli emas batangan, maka jangan tunda lagi agar Anda tak tergoda untuk membelanjakannya. Tetapi bila Anda masih harus mengumpulkan uang dahulu, maka sisihkan gaji Anda paling sedikit sejumlah 10% dari total pendapatan. Bila cara ini tergolong sulit, Anda bisa menggunakan jasa investasi emas dari Pegadaian, dimana nasabah bisa mencicil emas untuk memperoleh jumlah yang dikehendaki. Dengan demikian Anda tak perlu repot lagi menyisihkan gaji setiap bulannya.
  3. Untuk mendapatkan cara menabung dalam bentuk emas yang benar sebaiknya Anda memperkaya wawasan dengan pengetahuan tentang emas. Dengan demikian Anda bisa menentukan langkah terbaik untuk menabung dalam bentuk emas.
  4. Menentukan target saat memilih investasi emas akan mempermudah Anda mencapai tujuan dengan menabung emas. Hal ini bisa dilakukan dengan mendata seluruh kebutuhan di masa depan kemudian dana yang Anda peruntukkan bagi kebutuhan tersebut diganti dengan emas.
  5. Dalam menabung baik dalam bentuk uang atau emas dibutuhkan disiplin dan sikap konsisten. Setorkan dana dengan jumlah yang telah Anda tentukan ke dalam tabungan secara berkala.
  6. Agar tujuan menabung emas ini bisa diraih dengan lebih cepat sebaiknya manfaatkan dana lebih di luar gaji bulanan Anda, seperti misalnya, gaji ke-13, bonus bulanan, THR, bonus akhir tahun, atau yang lainnya untuk membeli emas. Hal ini untuk mencegah uang menguap sia-sia untuk kebutuhan konsumtif.
  7. Dibutuhkan ketelitian saat bertransaksi emas, baik itu membeli atau menjual dengan sistem langsung atau cicilan. Bila ingin membeli secara tunai, upayakan untuk membelinya pada tempat-tempat terpercaya untuk menghindari praktek ilegal yang bisa merugikan Anda.

Baca juga :

Nah, demikianlah tips atau cara menabung dengan sarana emas bagi Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share artikel ini.

(Visited 1,085 times, 1 visits today)