Masih Boros? Berikut Ini Cara Menghemat Pengeluaran Dengan Langkah Sederhana

Posted on

Baru dua minggu yang lalu Anda menerima gaji dari tempat kerja dan sekarang Anda sudah kebingungan karena dompet telah menipis tanpa tahu kemana uang Anda melayang. Percayalah bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami hal ini. Bila Anda masih berstatus single alias belum berkeluarga hal ini tentu tak serumit bila Anda telah menikah dan dikaruniai satu atau dua buah hati. Nah, agar tak perlu merasa stres berkepanjangan setiap bulannya, inilah cara menghemat pengeluaran yang dapat Anda coba agar gaji tak melayang begitu saja.

Cara menghemat pengeluaran dengan mudah

Alasan mengapa kita harus menghemat kebanyakan adalah karena biaya hidup yang semakin mahal sehingga gaji yang kita peroleh harus memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan. Dengan langkah berikut ini Anda akan dapat menghemat gaji setiap bulannya.

cara menghemat pengeluaran, menghemat gaji, cara menyimpan gaji

1. Membuat daftar kebutuhan belanja

Jangan pernah pergi ke supermarket atau pasar tanpa membawa daftar kebutuhan belanja. Cara ini cukup efektif untuk mencegah Anda membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Ingatlah untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. (Baca juga : Cara Menabung Dengan Gaji Dibawah 2 juta)

2. Memanfaatkan diskon

Tips menghemat gaji berikutnya yang dapat Anda terapkan adalah jeli mencermati supermarket yang mengadakan diskon khusus untuk item tertentu. Bila diadakan promo semacam itu maka harga produk yang didiskon akan berharga sangat murah, bahkan di bawah harga toko-toko yang lain untuk produk yang sama.

3. Jangan boros

Salah satu cara paling mudah untuk menghemat adalah berhenti membeli kopi kemasan atau minuman ringan kemasan serta membawa bekal dari rumah sehingga Anda tak perlu makan siang di kantin kantor atau restoran. Selain membawa dampak baik untuk keuangan Anda, kebiasaan ini juga akan berpengaruh positif bagi kesehatan Anda.

4. Rekening bank yang berbeda

Cara menyimpan gaji yang dapat Anda coba berikutnya adalah dengan menyediakan dua buah rekening bank yang dapat membantu Anda untuk menabung. 20% dari gaji harus disimpan di bank dan disiplinlah untuk tak menarik dana tersebut tanpa ada hal yang sangat mendesak. Untuk itu sebaiknya Anda tak meminta fasilitas kartu ATM untuk rekening tabungan ini. Sementara sebuah rekening lagi digunakan untuk operasional harian Anda, transfer uang, menerima gaji, dan lain-lain.

5. Menjadi orang rumahan

Salah satu pengeluaran terbesar dari gaji Anda adalah saat Anda pergi keluar untuk mencari hiburan misalnya dengan nonton film, hang out di cafe, makan di restoran, berwisata, dan lain-lain. Minimkan kegiatan ini dan cobalah untuk melepas stres dengan tetap tinggal di rumah, misalnya dengan membaca buku, nonton film favorit Anda, memasak bersama pasangan atau orang tercinta, dan lain-lain. (Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Murah Di Indonesia)

Nah, tak sulit bukan mencoba cara menghemat pengeluaran dengan langkah mudah tersebut. Selamat mencoba!

(Visited 2,735 times, 1 visits today)