Mitos Tuyul Dan Menghindari Kejahatannya

Posted on

Apakah Anda pernah mendengar tentang tuyul atau mitos tuyul? Mitos ini sungguh populer terutama di kalangan masyarakat Jawa yang masih kental memegang kepercayaan tradisional. Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang tuyul ini, kira-kira penjelasannya adalah, semacam makhluk halus atau gaib yang terlihat seperti anak kecil dengan bentuk tubuh mungil, berkepala botak tanpa rambut sedikit pun, bertelinga dengan ujung lancip seperti elf serta giginya bertaring tajam. Tidak ada yang tahu darimana asal muasal penggambaran fisik tuyul yang demikian. Selain ciri fisiknya yang mengerikan, tuyul cukup meresahkan karena dipercaya dapat mencuri uang dengan cara gaib.

mitos tuyul, mitos tuyul pencuri uang

Tentang mitos tuyul

Tentang mitos tuyul pencuri uang ini ada dua pendapat berbeda yang menjelaskan tentang asal makhluk gaib ini. Yang pertama adalah memang merupakan salah satu jenis makhluk halus yang senang mengganggu manusia, dan yang kedua adalah berasal dari janin-janin yang tidak diinginkan dan dibunuh atau diaborsi. Meskipun demikian lebih banyak orang yang meyakini bahwa tuyul memang salah satu jenis makhluk gaib karena setiap roh manusia atau pun janin yang telah wafat akan berpindah ke alam akhirat dan bukannya berkeliaran di dunia fana. Tentang kegemarannya mencuri uang, dipercaya bahwa hal ini tak dilakukan atas kehendaknya sendiri melainkan merupakan perintah dari orang yang memeliharanya.

Orang yang memelihara ini disebut mengamalkan pesugihan tuyul atau mencari kekayaan dengan jalan yang tidak wajar. Dengan demikian di rumahnya ia harus menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk tempat meletakkan sesaji untuk pesugihan tersebut. Masyarakat Jawa mempercayai bahwa ciri-ciri orang yang memelihara tuyul adalah selalu berjalan dengan tangan di belakang punggung karena konon ia sedang menggendong makhluk gaib tersebut.

Selanjutnya Cara Menghindari Dari Kejahatan Tuyul

(Visited 9,176 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.