Obat Tradisional Untuk Menjaga Fungsi Usus Besar

Posted on

Obat herbal yang bahan dasarnya dari alam seperti tumbuh-tumbuhan merupakan pilihan bagi masyarakat modern untuk mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesehatan, termasuk kesehatan usus. Namun, obat-obatan sebenarnya tidak boleh sembarangan dikonsumsi karena sebaik-baiknya obat adalah yang memiliki dosis terukur dan berstandar. Karena dengan dosis dan standar yang sudah teruji, efek samping bisa sangat dihindari. Anda tentunya tidak mau mengalami setelah mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu justru muncul penyakit lainnya.

obat herbal, fungsi usus besar, usus besar dan fungsinya, makanan sehat untuk usus besar

Tubuh manusia merupakan gabungan dari organ-organ yang saling terhubung baik secara anatomi (bentuk) maupun fisiologi (fungsinya). Organ yang paling sering digunakan tetapi sering kali lupa untuk dijaga adalah usus, padahal organ inilah yang menampung, memproses serta menyimpan makanan yang kita makan. Secara umum usus terbagi dua, yaitu usus halus dan usus besar. Artikel kali ini akan membahas gangguan kesehatan fungsi usus besar.

Fungsi Usus Besar dalam Tubuh Manusia

Usus besar yang dalam bahasa latinnya disebut Colon merupakan bagian dari usus yang terdapat sebelum poros usus (rectum). Fungsi usus besar adalah menyerap cairan dari makanan dan sebagai tempat menyimpan dan eliminasi makanan sebelum dikeluarkan. Jika terjadi malfungsi usus besar (seperti peradangan atau bahkan kanker) dan menyebabkannya harus dibuang (dioperasi) maka feses akan diletakkan di dalam kantong (wadah) tertentu dan hal ini tentu saja sangat tidak ingin dialami oleh siapa pun. Bagaimana menjaga kesehatan usus besar? Simak terus artikel di bawah ini.

Telah dijelaskan sebelumnya perihal usus besar dan fungsinya untuk menyimpan dan mengeliminasi makanan dari dalam tubuh. Secara rinci, fungsi kolon dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Menyerap cairan dari makanan. Usus berfungsi untuk menyerap garam maupun air yang terkandung dalam makanan yang diterima dari usus kecil. Dalam hal ini, kolon berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan daarah. Pada dasarnya usus besar berfungsi untuk memadatkan kotoran sisa makanan yang diterima dari proses pencernaan di usus kecil, dan kotoran padat inilah nantinya yang akan eliminasi dalam bentuk feses.
  • Menyerap vitamin tertentu. Usus besar merupakan lingkungan yang ramah untuk perkembangan bakteri tertentu, yang nantinya memproduksi vitamin K. Vitamin ini diperlukan untuk membekukan darah. Jumlah bakteri baik ini tergantung nutrisi makanan dan antibiotik yang terkandung dalam makanan. Infeksi usus besar terjadi jika bakteri buruk lebih banyak dari bakteri baik. akibatnya, penyerapan air dan garam tidak maksimum, sehingga akan menimbulkan diare.
  • Fungsi usus besar berikutnya adalah menyimpan kotoran yang telah dipadatkan hingga masa pembuangan melalui anus.

obat herbal, fungsi usus besar, usus besar dan fungsinya, makanan sehat untuk usus besar

Namun dengan pola makan yang tidak sehat, kurang serat, sering kali akan menyebabkan gangguan fungsi usus seperti usus buntu atau radang usus. Gejala awalnya ditandai dengan sembelit yang jika terlalu sering dan dibiarkan bisa mengarah kepada radang usus. Radang usus yang sangat parah maupun diare terus-menerus. Peradangan ini menyebabkan sel-sel yang melapisi dinding usus besar akan mengelupas sehingga terjadi luka. Luka yang terbuka ini (tukak) jika dibiarkan akan mengeluarkan lendir atau nanah. Pada kondisi ini tubuh memberikan tanda dengan terjadinya diare yang disertai lendir, darah bahkan nanah.

Bahan Alami dan Obat Herbal Untuk Gangguan Fungsi Usus Besar

Pada umumnya, usus besar dan fungsinya dapat terganggu akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan siap saji, cepat saji, makanan yang terlalu pedas ataupun asam, mie instan dan makanan yang tidak bersih yang mengandung bakteri sehingga bisa mengakibatkan infeksi pada usus besar. Selain dari faktor makanan, penyakit usus besar juga dapat terjadi disebabkan penyakit yang sebelumnya telah diderita seorang pasien, seperti pembesaran jaringan limfa, cacingan, adanya benda asing di dalam usus dan lain-lain.

Namun sebaik-baiknya tindakan adalah mencegah daripada mengobati penyakit. Untuk itu tindakan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pola hidup dan makan yang sehat, seperti konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran hijau. Selain sayur, berikut adalah beberapa alternative makanan sehat untuk usus besar:

  • Buah ini sangat mudah dicerna. Kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan tingkat stress atau tekanan terhadap sel-sel di dinding kolon saat mencerna makanan.
  • Buah ini kaya akan fosfor dan zat besi. Zat besi dimanfaatkan oleh pembuluh-pembuluh darah yang terdapat di seluruh bagian dinding kolon. Dengan asupan zat besi yang cukup, sel darah akan berkembang dengan baik dan masalah usus seperti gejala usus buntu atau kanker usus dapat dihindari
  • Air kelapa. Minuman segar alami ini kaya akan elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus berfungsi sebagai penenang alami untuk usus besar
  • Siapa sangka ternyata konsumsi nasi dengan benar dapat menjaga fungsi usus besar dengan baik. pastikan anda mengunyah makanan sebanyak 32 kali agar penyerapan nutrisinya lebih optimal.

Selanjutnya, hindari makanan tidak sehat serta kurangi konsumsi gorengan. Dan yang paling penting konsumsi vitamin dan Obat Herbal seperti Fiforlif yang mengandung ekstrak sayuran hijau dan buah segar serta mengandung ekstrak Goji Berry. Hal ini dikarenakan pola hidup masyarakat yang serba instan sehingga sulit mendapatkan asupan nutrisi dari sayuran hijau dan buah segar sebagai detox diet untuk usus dan untuk mengatasi perut buncit.

(Visited 2,443 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.