Pekerjaan yang Cocok Untuk Lulusan D1-D3 Tanpa Memandang Jurusan

Posted on

Saat ini banyak sekali anak muda yang ingin langsung bekerja setelah lulus sekolah namun larangan orang tua ataupun keutuhan pendidikan yang tinggi membuat mereka lebih memilih untuk kuliah terlebih dahulu dengan mangambil D1 atau D3. Lulusan dari akademi itu disebut dengan sarjana muda karena menempuh pendidikan dalam waktu cepat. Banyak sekali pekerjaan yang cocok untuk lulusan D1-D3 yang dibutuhkan oleh para tenaga ahli di berbagai tempat.

3 Pekerjaan yang Cocok Untuk Lulusan D1-D3

Bukan berarti hanya lulusan sarjana saja yang bisa mendapatkan pekerjaan layak karena ada banyak jenis pekerjaan untuk lulusan D1-D3 sebagai berikut:

pekerjaan yang cocok untuk lulusan D1-D3, jenis pekerjaan untuk lulusan D1-D3, pekerjaan bagi lulusan D1-D3

Menjadi SPG

Sales Promotion Girl atau yang lebih dikenal dengan SPG adalah salah satu pekerjaan tepat untuk Anda lulusan D1 hingga D3. Pekerjaan ini umumnya dihuni oleh para wanita dan merupaka jenis pekerjaan yang tidak memedulikan jurusan apa yang Anda ambil semasa menempuh pendidikan. Bahkan luluan SMA pun bisa menjadi SPG perusahaan besar dengan bayaran yang tinggi untuk setiap event yang digelar. Jenis SPG pun bermacam-macam sesuai dengan perusahaannya ada SPG rokok yang menawarkan rokok kepada masyarakat langsung apabila ada event yang digelar perusahaan, ada pula SPG untuk pameran mobil yang menawarkan kredit kendaraan ataupun suatu produk tertentu.

Sales atau marketing

Pekerjaan untuk mereka lulusan D1 dan D3 berikutnya adalah menjadi sales atau marketing. Anda pun tidak perlu mengambil jurusan tertentu untuk menjadi sales karena seperti mengambil jurusan marketing dan sebagainya karena pekerjaan ini biasanya tidak memandang latar belakang jurusan dan semua lulusan bahkan SMA juga bisa menjadi marketing. Hal yang perlu Anda pegang sebagai pedoman adalah membuat orang-orang atau konsumen yang menjadi target Anda menjadi yakin untuk membeli ataupun menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Kemampuan yang Anda perlukan adalah bisa meyakinkan orang lain dan berusaha untuk mencapai target karena setiap sales diberikan target penjualan sehingga pekerjaan ini cukup menantang bagi Anda yang menyukai tantangan.

Agen asuransi

Pada dasarnya, agen asuransi sama dengan marketing namun ruang lingkup produk yang dipasarkan hanya sebatas produk asuransi semata sementara ruang lingkup sales lebih luas karena mereka bisa menjual berbagai macam produk seperti sales bank, sales kendaraan bermotor, sales rokok, sales kosmetik atau kebutuhan rumah tangga dan sebagainya. Menjadi agen asuransi tak harus memiliki background jurusan tertentu seperti ekonomi ataupun akuntansi. Semua jurusan dan tingkatan pendidikan bisa menjadi agen asuransi. Bahkan banyak orang yang mengatakan jika modal utama untuk menjadi agen asuransi adalah bicara dan meyakinkan target konsumen untuk memilih dan menggunakan produk asuransi yang ditawarkan.

Dengan mengetahui beberapa pekerjaan bagi lulusan D1-D3, maka Anda tidak perlu lagi khawatir dan memiliki mindset bila seseorang akan memiliki pekerjaan yang tinggi bila pendidikannya tinggi pula karena selama Anda memiliki skill, maka pekerjaan apapun bisa diperoleh.

(Visited 2,040 times, 1 visits today)