Pernah Mengalaminya sembelit? Ini Bahaya Sembelit Dan Solusi Sembelit

Posted on

BAB atau buang air besar seharusnya adalah proses alami pencernakan tubuh untuk membuang toksin serta zat-zat yang tak dibutuhkan tubuh. Tetapi pada beberapa orang ternyata proses ini tak dapat berjalan dengan lancar atau yang sering disebut sebagai sembelit. Seseorang dikatakan mengalami sembelit bila bab kurang dari 3 kali dalam seminggu. Bila dibiarkan tanpa penanganan gangguan ini bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius.

sembelit, bahaya sembelit, penanganan sembelit

Dampak buruh dan bahaya sembelit bagi tubuh

Ada beberapa ancaman yang timbul merupakan akibat dari bahaya sembelit. Mulai dari wasir, radang usus, bahkan yang lebih buruk adalah kanker usus akibat kotoran yang mengerak pada usus besar sehingga menjadi toksin dan memicu mutasi sel. Nah, inilah ulasannya bagi Anda:

  1. Wasir

Wasir terjadi karena pelebaran pembuluh darah pada anus sehingga bagian tersebut menjadi membengkak dan menonjol. Hal ini merupakan dampak mengejan yang terlalu sering karena sulit bab.

  1. Radang usus besar

Bahaya sembelit berikutnya adalah memicu radang usus besar saat terjadi sumbatan pada ujung saluran usus karena kotoran yang mengeras dan terperangkap. Kondisi ini harus mendapatkan penanganan segera karena bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah.

  1. Kanker usus

Seperti yang telah disebutkan secara singkat di atas, kotoran yang tak dapat dikeluarkan dengan tuntas lama-kelamaan akan mengerak pada dinding usus dan menjadi racun bagi organ tubuh. Pada kondisi yang terburuk, sel-sel yang sehat pada usus bisa bermutasi dan menjadi sel kanker.

Baca juga : Kondisi Usus Jika Konsumsi Makanan Junk Food

Dari ulasan tentang dampak sulit bab  di atas Anda tentu menyadari bahwa akibatnya bisa sangat gawat bagi kesehatan kita. Padahal untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut bukanlah hal yang sangat sulit, Anda hanya harus membiasakan diri dengan pola hidup dan makan yang sehat. Nah, inilah cara penanganan sembelit yang bisa Anda coba.

  • Konsumsilah air putih dalam jumlah yang disarankan. Selain membuat tubuh cukup terhidrasi, konsumsi air putih juga akan membantu melancarkan pencernakan dan metabolisme tubuh termasuk mengatasi gangguan sembelit.
  • Saat mengalami sulit bab, konsumsilah buah pisang karena kandungan kalium pada buah ini bisa menunjang keseimbangan cairan dalam tubuh dan akhirnya akan melancarkan pencernakan Anda.
  • Apel juga cukup membantu saat tengah mengalami kesulitan bab. Kandungan pektin pada buah ini berkhasiat untuk membersihkan usus Anda dan melancarkan bab.
  • Enzim papain pada pepaya juga berkhasiat untuk mengatasi permasalahan lambung serta gangguan pencernakan.
  • Alpukat adalah cara alami yang direkomendasikan untuk mengatasi sembelit karena kandungan omega 3 pada buah ini dapat membantu mengatasi masalah pencernakan.

Baca juga : Gangguan Kesehatan Akibat Usus Kotor

Nah, semoga ulasan tentang dampak sembelit dan cara mengatasinya tersebut bisa menjadi referensi berharga bagi Anda. Jangan lupa share agar lebih banyak orang mendapatkan manfaat dari artikel ini.

(Visited 21 times, 1 visits today)