Salah Kaprah ASI, Dikira ‘Tercemar’ Saos Tomat, Ternyata…

Posted on

Pengertian seputar ASI yang salah kaprah menggelitik akun Facebook Michelle Dian Lestari membuat penjelasan rasional.

Awalnya seperti ini:

asi, zat kimia, saos berbahaya

Melihat postingan seperti itu, Michelle Dian Lestari pun menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Hadeeh….gegara jadi banyak yg berbagi postingan ngawur ini, plus ada empat orang kirim inbox ke gua, mendingan bikin penjelasan deh.

Jadi, buibu pakbapak,
Semua makanan yg masuk ke tubuh manusia pasti akan diproses oleh asam lambung sehingga terurai. Hanya ada beberapa “zat pewarna” yg bisa bertahan di tubuh dan keluar lewat ASI, yakni zat hijau daun (klorofil) dari sayuran hijau (biasanya bayam atau horenzo), zat betacarotene dari wortel (warna oranye) dan dari bit (warna pink). Itupun dengan catatan konsumsinya harus banyak baru bisa keluar di ASI, dan bentuknya jadi warna semu, misalnya kalau banyak makan horenzo, ASInya semu hijau, banyak makan bit, ASInya semu pink.

Kalau seperti yg di gambar, itu adalah keping darah merah yg terlepas dari sumbatan di saluran ASI. Bisa jadi ada perdarahan di dalam payudara yg tidak ketahuan, atau puting susunya luka. Karena ASIPnya keburu didinginkan, keping darah merahnya tidak larut di ASIP tetapi membeku dan mengendap di dasar botol. ASIP seperti ini masih bisa diminumkan tetapi tidak boleh dibekukan.

Jadi kalau menuduh pewarna makanan keluar di ASI, seperti postingan di foto, itu kemungkinan karena nggak paham ttg cara kerja sistem pencernaan manusia.

Laen kali kalau pas pelajaran biologi jangan ngabur ke kantin atau bobo yak!

Hmm makanya itu pentingnya menjadi ibu yang cerdas, biar ga salah kaprah ya…. Silahkan like and share agar tidak ada ibu-ibu yang salah kaprah tentang ini

(Visited 545 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.