Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Posted on

Hamil adalah salah satu hal yang didambakan dan diinginkan oleh semua pasangan yang telah menikah. Banyak sekali pasangan yang memimpikan memiliki buah hati yang akan menjadi kesayangan mereka dan meneruskan keturunan mereka. Sayangnya, tidak semua pasangan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kehamilan dengan cepat karena hal ini disebabkan oleh banyak faktor.

Hamil, tanda-tanda kehamilan, kalkulator kehamilan, makanan untuk ibu hamil

Untuk pasangan yang peka dan jeli, sebenarnya ada banyak sekali tanda-tanda yang bisa diketahui sebagai salah satu ciri seorang perempuan sedang hamil. Tanda-tanda kehamilan ini bisa dirasakan sekitar satu minggu setelah melakukan hubungan seksual.

Tanda-tanda Awal Kehamilan

Tanda-tanda apakah seorang perempuan sedang hamil atau tidak sebenarnya bisa diteliti secara fisik. Namun ada juga pertanda yang hanya dapat dirasakan langsung oleh perempuan itu sendiri. Tanda-tanda ini sebenarnya menjadi media untuk memberikan prediksi atau perkiraan sehingga jika benar hamil maka dapat dilakukan pengkondisian sehingga ibu dan janin bisa mendapatkan asupan gizi yang terjamin dan keamanan.

Berikut ini adalah beberapa tanda kehamilan yang biasanya dirasakan oleh sebagian besar perempuan.

  • Mudah Lelah

Perasaan mudah lelah lebih banyak dirasakan pada awal-awal kehamilan. Biasanya perempuan merasakan kelelahan yang payah padahal pada biasanya hanya lelah biasa setelah melakukan kegiatan. Tanda kehamilan terjadi adalah ketika perempuan menjadi lebih mudah lelah bahkan dua kali lipat dibandingkan sebelumnya padahal kegiatan yang dilakukan tidak terlalu berat.

Kelelahan ini dikarenakan adanya perubahan hormon dan peningkatan hormon-hormon tertentu yang mengakibatkan pembakaran kalori yang lebih banyak sehingga menjadi lebih mudah lelah dan keletihan.

  • Payudara Membesar

Perubahan pun terjadi pada payudara. Jika pada awalnya ukuran payudara biasa saja, maka ketika akan hamil payudara menjadi semakin membesar dan terasa lebih berisi. Selain itu, warna puting pun menjadi lebih menghitam dan semakin lebar. Biasanya akan terasa sakit ketika disentuh atau diremas sehingga pada umumnya perempuan hamil tidak mau disentuh pada bagian ini.

  • Lebih Sensitif

Kepekaan ini berhubungan dengan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Penciuman yang lebih sensitif menjadikan perempuan yang hamil lebih mudah mencium bau yang tidak enak dan merasakan ketidak nyamanan. Tempramen pun menjadi semakin sensitif sehingga mudah marah, tersinggun, atau mengalami mood swing.

  • Mual dan Muntah

Pada umumnya perempuan hamil akan mengalami morning sickness. Hal ini akibat adanya peningkatan hormon progesteron sehingga membuat asam lambung naik dan menjadikan lebih cepat mual dan perasaan tidak nyaman dengan apa yang dimakan. Mual dan muntah ini biasanya memicu ngidam pada kehamilan di awal trimester pertama.

  • Sering Kencing

Sering buang air kecil atau frequent urinating terjadi akibat kantung kemih ditekah oleh rahim yang terus berkembang dan membesar seiring dengan perkembangan dan penambahan ukuran janin.

  • Tidak Haid

Tanda utama terjadinya kehamilan adalah terlewatnya tanggal haid yang biasa terjadi setiap bulannya. Jika memang sudah terlambat mendapatkan haid sebaiknya segera melakukan testpack. Jika hasilnya positif maka segeralah menemui dokter untuk berkonsultasi.

Anda juga bisa menggunakan kalkulator kehamilan untuk melihat bagaimana perkembangan kehamilan Anda dan untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai usia kandungan, berat ideal janin, penambahan berat badan untuk Anda, dan prediksi kehamilan yang sudah cukup siap di 40 minggu yang akan datang.

Selain itu, Anda juga harus mengubah pola makan. Karena makanan untuk ibu hamil biasanya harus memiliki gizi yang lebih banyak dari biasanya. Anda bisa mengonsultasikan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan apa yang tidak boleh dengan dokter kandungan atau bidan Anda. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh keadaan masing-masing ibu hamil sehingga antara satu ibu hami dengan ibu hamil lainnya memiliki perbedaan dalam pengkondisian makanan.

Selama kurang lebih 40 minggu masa hamil. Anda harus menjaga kehamilan Anda dan terus memiliki pola hidup sehat, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang tinggi. Hindari juga stress yang akan mengganggu perkembangan bayi di dalam perut Anda.

(Visited 2,201 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.