Tips Cara Mudah Menghemat Listrik

Posted on

Cara Mudah Menghemat Listrik – Dalam keseharian tentu sebagian besar dari kita sudah sangat tergantung dengan listrik dan semakin tinggi kebutuhan penyediaan listrik untuk menunjang aktifitas harian kita maka akan semakin tinggi penggunaan daya listrik ini dalam sehari. Apabila dikumpulkan dalam satu bulan maka akan tampak nominal tagihan listrik Anda membengkak. Walaupun harga listrik untuk setiap KwH belum mencapai nominal harga lebih dari 1000 rupiah tetapi bila penggunaan listrik harian cukup banyak tentu dampaknya adalah tagihan dalam jumlah besar yang dapat memboroskan gaji bulanan Anda. Bila ingin terhindar dari masalah tersebut, berikut ini adalah cara menghemat listrik yang dapat Anda coba.

Ketersediaan listrik di rumah memang terbatas sementara setiap hari kita selalu menggunakannya sehingga untuk menghemat energi sekaligus biaya Anda harus cermat dalam menerapkan beberapa trik berikut ini:

menghemat listrik, cara efektif menghemat listrik, tips menghemat tagihan listrik
Menggunakan AC seperlunya salah satu cara menghemat tagihan listrik
  • Mencabut kabel atau peralatan elektronik lain saat tak digunakan dari saklar

Langkah pertama cara efektif menghemat listrik dapat dilakukan dengan mudah yaitu tidak membiarkan peralatan listrik tetap menancap pada saklar saat tak digunakan. Meskipun pada keadaan mati tetapi pada kenyataannya listrik akan tetap terhubung pada perangkat elektronik Anda dan terbuang sia-sia sehingga menjadi pemborosan. Mulai dari sekarang, cabut kabel dari saklar jika sudah tidak menggunakan alat elektronik dan lihat hasil tagihan bulan depan Anda.

  • Menggunakan listrik dengan sistem pulsa

Agar tagihan listrik lebih mudah dikontrol Anda bisa memilih menggunakan rekening listrik dengan sistem pulsa. Dengan demikian Anda dapat memprediksi biaya yang harus Anda keluarkan untuk rekening listrik dalam sebulan.

  • Menghemat penggunaan lampu listrik

Agar biaya listrik tak membengkak terapkan metode penggunaan penerangan di rumah hanya pada waktu-waktu yang dibutuhkan. Di siang hari sebaiknya buka jendela lebar-lebar agar matahari dapat menjadi sumber cahaya untuk rumah Anda. Matikan sedikitnya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga  pukul 20.00 sebagai bentuk penghematan energi sekaligus tagihan listrik.

  • Menggunakan pendingin ruangan seperlunya

Untuk tips menghemat tagihan listrik berikutnya adalah menggunakan pendingin ruangan seperlunya karena AC membutuhkan energi listrik yang lebih besar dibandingkan peralatan elektronik lainnya. Anda bisa melakukan setting otomatis pada AC yaitu alat akan dimatikan saat tak ada orang dalam ruangan. Selain itu di pagi hari Anda bisa memanfaatkan udara sejuk dengan membuka jendela dan pintu. Selain lebih sehat tentu akan lebih hemat energi.

  • Mematikan alat elektronik saat berangkat tidur

Tahukah Anda bahwa tidur dengan TV yang masih menyala akan memperburuk kualitas tidur Anda dan selain itu juga akan memboroskan biaya listrik bulanan Anda. Oleh karena itu matikan semua alat elektronik saat hendak pergi tidur, termasuk ponsel Anda.

Nah, semoga tips menghemat listrik pada ulasan di atas cukup mudah untuk Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

(Visited 522 times, 1 visits today)