Tips Memilih Kredit Tanpa Agunan

Posted on

Tips Memilih Kredit Tanpa Agunan – Di masyarakat kita KTA atau kredit tanpa agunan sudah sangat dikenal sebagai produk uang pribadi. Satu faktor yang membuat jenis produk ini banyak diminati adalah prosesnya yang cukup praktis dan mudah sekaligus tak menuntut adanya jaminan. Dengan demikian Anda yang tak mempunyai jaminan seperti BPKB kendaraan, sertifikat rumah, atau yang lainnya tetap mempunyai kesempatan untuk meminjam sejumlah dana yang dapat Anda gunakan sebagai modal usaha.

kredit, tips memilih kredit, cara pintar kredit

Cara bijaksana memilih kredit

Meskipun kedengarannya cukup menguntungkan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih KTA. Akibat yang umum terjadi adalah pilihan kredit yang tak sesuai kemampuan atau bunga yang disyaratkan cukup tinggi sehingga memberatkan nasabah. Untuk menghindari kedua hal tersebut, berikut ini adalah tips memilih kredit tanpa agunan yang dapat Anda terapkan:

  1. Memilih bank terpercaya

Saat memilih KTA sebaiknya Anda melakukannya di bank penyedia kredit yang resmi atau berizin. Hal ini untuk menghindari penyedia produk akan memberatkan nasabah dengan nilai bunga yang tidak logis. Yang lebih buruk informasi pribadi Anda bisa diperjualbelikan untuk maksud-maksud yang tidak baik. Bila bank yang Anda pilih terpercaya, keamanan data Anda akan terjaga.

  1. Suku bunga kredit

Faktor kedua dalam cara pintar kredit adalah memperhatikan suku bunga kredit. Memilih yang paling kecil tentu akan lebih menguntungkan Anda. Biasanya bank-bank di Indonesia memberikan persyaratan suku bunga mulai dari 1% per bulan atau kurang dari nilai tersebut. Resiko memilih kredit tanpa agunan memang akan lebih memberatkan Anda dari segi suku bunga.

  1. Biaya tambahan lain

Selain suku bunganya, hal lain yang penting untuk menjadi perhatian Anda adalah biaya tambahan lainnya yang kemungkinan besar akan dibebankan kepada nasabah. Untuk produk kredit yang satu ini pada umumnya terdapat biaya provisi, biaya penalti bila pelunasan dilakukan sebelum jatuh tempo, biaya asuransi, serta biaya lain-lain. Inilah sebabnya Anda harus bertanya sedetail mungkin sebelum memutuskan untuk mengambil kredit tersebut.

Sementara yang berkaitan dengan batasan kredit dan jangka waktu pembayaran angsuran dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pada  beragam promosi tentang produk ini mungkin akan tertulis dapat memberikan pinjaman hingga 200 juta rupiah misalnya tetapi ada hal-hal lain juga yang perlu Anda ketahui. Pada umumnya bank akan menyetujui batas pinjaman sesuai dengan gaji Anda tiap bulannya sebagai jaminan bahwa Anda sanggup membayar cicilan pinjaman. Batas pinjaman atau limitnya biasanya adalah sekitar 5 atau 6 kali gaji perbulan sebagai penghasilan Anda.

Bila tertarik untuk mendapatkan dana segar dengan produk kredit tanpa agunan ini, pastikan Anda memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan yaitu WNI, berusia mulai dari 21 tahun sampai 55 tahun pada saat kredit dilunasi serta beberapa dokumen pelengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

(Visited 408 times, 1 visits today)