Tips Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

Posted on

Acakadul.com – Apakah Anda pernah mengalami kesulitan tidur dimana tubuh sudah terasa sangat lelah dan mengantuk tetapi mata malah sulit  terpejam? Bila memang demikian Anda bisa mencoba menerapkan tips mengatasi insomnia yang akan dibahas berikut ini. Berdasarkan riset ilmiah penderita insomnia lebih banyak pada wanita, yaitu mencapai dua pertiga dari keseluruhan penderita kesulitan tidur ini. Bila hal itu terjadi terus-menerus atau dalam waktu yang cukup lama, akibatnya tentu akan merugikan kesehatan karena tubuh melakukan regenerasi sel-sel kulit yang mati  atau rusak pada kondisi kita sedang tertidur lelap. Kesulitan tidur di waktu malam juga akan mengurangi produktivitas kerja Anda keesokan harinya.

Tips Mengatasi Insomnia Dengan Mudah
Tips Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

Tips mengatasi insomnia

  • Menghindari cafein

Seperti yang kita ketahui cafein pada kopi, minuman bersoda, atau yang lainnya mampu memacu adrenalin sehingga membuat kita menjadi bersemangat dan menghilangkan kantuk. Agar kita dapat beristirahat dengan optimal di malam hari, sebaiknya hindari minum kopi 3 atau 4 jam menjelang jam tidur untuk mencegah insomnia.

  • Tempat tidur

Penyebab kesulitan tidur bisa dipicu oleh kondisi kamar yang berantakan atau peralatan tidur yang kotor. Jika memang demikian segera bersihkan kamar dan ganti sprei, bedcover, selimut, juga sarung bantal dan guling secara teratur. Kondisi kamar yang bersih akan memudahkan kita untuk beristirahat dengan tenang.

  • Aroma terapi

Tips mengatasi insomnia yang ketiga adalah menggunakan aroma terapi. Untuk memperoleh ketenangan dan membuat tubuh menjadi rileks, Anda bisa mencoba wewangian beraroma lavender. Jadi gunakan pengharum ruangan atau pelembut seprei dan peralatan tidur lainnya yang beraroma lavender. Tidur Anda dijamin akan lebih lelap.

  • Tidur siang

Tidur siang memang dapat menjadi salah satu mood booster yang membuat kita lebih sehat sekaligus bersemangat dalam beraktivitas. Tetapi ingat agar jangan tidur siang terlalu lama. Waktu yang direkomendasikan adalah 20 hingga 30 menit agar Anda masih tetap mendapatkan porsi tidur malam yang cukup. Terlalu lama tidur siang hanya akan membuat Anda masih tetap merasa segar pada jam istirahat.

  • Makan malam

Terakhir, hindari mengonsumsi makanan berat menjelang tidur. Hal ini akan memaksa organ pencernakan bekerja keras pada jam istirahat Anda. Selain akan mengganggu tidur, keesokan harinya pun Anda akan terbangun dengan kondisi lelah.

Nah, mudah bukan menerapkan tips mengatasi insomnia di atas. Selamat tidur!

(Visited 842 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.