Tips Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Posted on

Tips Mengatasi Keterlambatan Menstruasi – Siklus datang bulan atau mentruasi yang teratur adalah salah satu indikator bahwa organ reproduksi wanita berada pada kondisi baik dan sehat. Tetapi sayangnya tak semua wanita mengalami gejala ini. Keterlambatan datang bulan bisa terjadi karena berbagai macam sebab yang tentu saja bukan termasuk kehamilan. Penyebab keterlambatan haid tersebut bisa karena stres, terlalu lelah bekerja, mengalami kondisi kekurangan gizi, atau merupakan pertanda bahwa organ reproduksi mengalami permasalahan. Bila tak diatasi kondisi ini bisa menjadi serius dan berujung pada infertilitas.

Tips mengatasi terlambat datang bulan

Beberapa tips mengatasi telat haid berikut ini bisa Anda coba sebagai alternatif solusi. Beberapa di antaranya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur Anda.

mentruasi tidak lancar, cara cepat mentruasi, tips mengatasi telat haid

  1. Jahe

Salah satu tanaman rempah ini berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan selain berfungsi sebagai bumbu dapur. Selain dapat mengurangi rasa pegal, menghangatkan badan, serta menghilangkan masuk angin, jahe segar juga berguna untuk mengatasi kekacauan siklus menstruasi. Anda disarankan untuk mengonsumsi 2 cangkir teh jahe buatan sendiri sebagai terapi penyembuhan. Seduh ½ sendok teh jahe segar dengan air mendidih dan diamkan selama 30 menit. Minumlah saat wedang jahe sudah menghangat. Untuk membuat teh jahe ini Anda tidak boleh menambahkan gula atau pemanis lainnya untuk menjaga khasiat herbalnya.

  1. Vitamin C

Konsumsi vitamin C secara teratur akan membantu produksi hormon estrogen yang menunjang pembentukan lapisan rahim, membuat rahim berkontraksi, serta membuat siklus haid teratur kembali. Agar tak menimbulkan efek samping bagi tubuh, sebaiknya konsumsi sumber alami vitamin C seperti jambu biji, jeruk, lemon, apel, dan lain sebagainya. Sebaiknya konsumsi buah-buahan di pagi hari saat perut kosong agar nutrisi dari buah-buahan ini bisa terserap dengan sempurna.

  1. Jus pepaya

Cara cepat mentruasi berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan mengonsumsi jus nanas. Konsumsilah 500 gram jus pepaya dua kali sehari sebagai pengobatan herbal masalah kesehatan reproduksi Anda.

  1. Madu

Madu dikenal sebagai salah satu makanan bergizi yang merupakan anti bakteri, anti jamur, anti kuman, serta dapat mengatasi peradangan, dan sebagai obat herbal berbagai keluhan penyakit lainnya. Konsumsilah satu sendok makan madu dicampur air hangat sebagai salah satu alternatif pengobatan alami gangguan datang bulan ini.

  1. Seledri

Pada daun seledri tersimpan zat yang disebut apiol yang berkhasiat untuk merangsang kontraksi rahim. Selain itu seledri juga merupakan bahan makanan emmenagogic yang mampu melancarkan aliran darah menuju daerah panggul dan rahim untuk mempercepat menstruasi.

  1. Diet

Berat badan yang terlalu berlebihan atau juga terlalu kurus akan berpengaruh pada kesehatan reproduksi Anda. Pada wanita yang mengalami obesitas, siklus menstruasi terganggu karena lemak berlebih akan merangsang produksi estrogen yang dapat mengganggu terjadinya ovulasi. Sementara pada wanita dengan berat badan kurang, mungkin tak dapat memproduksi hormon estrogen dalam jumlah cukup untuk mendukung datang bulan secara teratur.

  1. Olahraga

Latihan fisik dalam porsi yang dianjurkan akan membantu menyehatkan tubuh Anda secara keseluruhan termasuk mengatasi masalah haid ini. Anda dianjurkan untuk berolahraga 3 kali seminggu masing-masing selama ½ jam dengan jenis sebagaimana yang Anda sukai. Jalan cepat, aerobic, bersepeda, berenang, atau sit up dapat menjadi pilihan olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan mudah.

Terakhir, sebagai solusi masalah mentruasi tidak lancar Anda cobalah untuk menghindari stres atau mempelajari manajemen stres dengan yoga, meditasi, atau berdoa. Jangan lupa untuk memperbaiki kualitas istirahat tubuh Anda untuk memperoleh hasil yang maksimal.

(Visited 810 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.