Wajib Dibaca!!! 10 Gejala Diabetes Yang Wajib Diketahui

Posted on

Secara umum dapat dijelaskan bahwa kencing manis atau diabetes melitus adalah gangguan kesehatan dikarenakan kelainan sistem insulin yang memicu kelebihan kadar glukosa dalam darah. Terdapat dua jenis penyakit diabetes yaitu tipe 1 dan 2. Bila dahulu penyakit kencing manis ini lebih banyak menyerang mereka yang telah berusia lanjut tetapi beberapa tahun terakhir ini semakin banyak jumlah penderita dengan usia yang lebih muda bahkan anak-anak.

ciri orang terkena diabetes, ciri-ciri diabetes, diabetes

Gejala penyakit diabetes

Inilah ciri orang terkena diabetes yang bisa menjadi panduan bagi Anda sebagai deteksi dini sebelum melakukan tes gula darah.

  1. Mati rasa, Pada banyak kasus ciri-ciri diabetes yang terjadi pada banyak orang adalah mati rasa. Bagian-bagian tubuh yang sering mengalami gejala tersebut adalah tangan dan jari-jemarinya serta kaki. Inilah peringatan awal penyakit ini karena serabut syaraf mulai mengalami kerusakan akibatĀ  kadar gula darah yang meningkat.
  2. Sering buang air kecil, Penderita penyakit kencing manis akan sering buang air kecil dan bila Anda mengalami hal yang sama cobalah berkonsultasi pada dokter.
  3. Pengidap penyakit ini juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis karena ketidakmampuan tubuh untuk menyerap sumber energi dengan maksimal.
  4. Ciri orang terkena diabetes berikutnya adalah tak mampu menahan lapar. Sinyal lapar ini merupakan alarm tubuh agar sel tubuh memperoleh asupan glukosa yang lebih banyak.
  5. Pada kondisi yang lebih buruk, kencing manis juga bisa mengakibatkan gangguan pada mata karena rusaknya pembuluh darah pada mata yang merupakan efek samping dari melonjaknya gula darah. Bila gula darah kembali ke kadar normal maka secara otomatis kondisi mata juga akan membaik.
  6. Penyakit gula ini juga akan berimbas pada kondisi kulit karena gangguan sirkulasi darah yang mengakibatkan kelenjar keringat berfungsi secara abnormal. Hal ini akan membuat kulit menjadi teriritasi, bersisik, gatal, dan kering. Gejala ini tentu cukup sulit dijadikan pedoman penyakit gula.
  7. Karena sering merasa lapar, haus, dan ingin buang air, kualitas tidur pengidap diabetes tentu akan berkurang sehingga yang bersangkutan sering merasa kelelahan.
  8. Karena sering berkemih tentu tubuh akan merespon dengan seringnya yang bersangkutan merasa haus untuk mengantisipasi dehidrasi. Inilah sebabnya pengidap penyakit kencing manis terus-menerus merasa haus.
  9. Bila luka kecil yang Anda derita tak kunjung sembuh bisa jadi hal ini merupakan dampak dari melonjaknya kadar gula darah pada tubuh. Kondisi ini juga akan berpengaruh pada sistem imunitas atau kekebalan tubuh.
  10. Infeksi jamur bisa menjadi salah satu petunjuk bila kadar gula dalam darah Anda cukup tinggi. Pada wanita infeksi jamur candida pada organ genital bisa membawa akibat keputihan.

Baca juga : 4 Macam Obat Diabetes yang Terbuat Dari Bahan Herbal Alami

Nah, demikianlah ciri orang terkena diabetes yang bisa menjadi referensi kesehatan bagi Anda. Jangan lupa membagikan artikel tentang gejala diabetes ini agar lebih banyak orang yang mengetahui informasi berharga ini.

(Visited 63 times, 1 visits today)