Waspada! Berbagai Dampak Negatif Kolesterol Menumpuk. Berikut Tanda-tandanya

Posted on

Bila mendengar kata kolesterol, tentu yang langsung terlintas pada benak kita adalah penyakit yang bisa memicu penyakit jantung atau yang berkaitan dengan peredaran darah. Padahal tak semua kolesterol itu buruk karena ada pula kolesterol baik atau disebut LDL. Meskipun demikian kita harus mewaspadai dampak negatif kolesterol menumpuk karena pola makan dan hidup yang kurang sehat. Artikel kesehatan ini akan mengulas tentang gejala dari tingginya kolesterol dalam darah serta dampak berbahayanya bagi tubuh kita.

Gejala dan dampak negatif kolesterol menumpuk

Waspada akan kadar kolesterol dalam darah serta mencermati bahaya penumpukkan kolesterol akan membantu kita menjaga kesehatan jantung serta mengantisipasi efek samping akibat penyumbatan pembuluh darah. Bila kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi maka darah akan mengental dan bisa terbentuk plak atau sumbatan pada dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah kurang lancar. Bila dibiarkan kondisi ini dapat memicu serangan stroke atau jantung.

dampak negatif kolesterol menumpuk, tanda-tanda ada tumpukkan kolesterol, bahaya penumpukkan kolesterol

Sebelum terjadi efek samping yang cukup fatal seperti serangan stroke atau jantung, pada umumnya penderita akan sering sakit kepala serta pegal-pegal. Hal ini dipicu oleh kurangnya suplay oksigen yang tak dapat beredar secara optimal ke seluruh tubuh. Karena terlihat sebagai gangguan kesehatan ringan pada umumnya, maka biasanya orang kurang memperhatikannya. Inilah tanda-tanda ada tumpukkan kolesterol yang harus Anda ketahui agar secepatnya bisa mengatasi permasalahan ini.

1. sering merasakan pundak dan tengkuk terasa pegal

Banyak orang yang salah mengartikan gejala ini sebagai salah bantal, padahal rasa sakit ini dipicu oleh tidak lancarnya aliran darah menuju pembuluh darah pada area tersebut. Inilah penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah karena tingginya kadar kolesterol dalam darah.

2. Pusing pada bagian belakang kepala

Bila Anda sering mengalami sakit kepala, tetapi rasa sakit tersebut hanya berpusat pada bagian kepala belakang maka sebaiknya Anda berhati-hati dan lakukan tes untuk mengetahui kadar kolesterol darah Anda. Hal ini bisa merupakan gejala bahwa kolesterol mulai membentuk plak pada pembuluh darah otak. Akibat terburuk dari kondisi ini adalah pecahnya pembuluh darah dan terjadi serangan stroke.

3. Tangan dan kaki pegal

Tak hanya bagian pundak dan tengkuk, kadar kolesterol yang tinggi pada darah juga akan menimbulkan gejala pegal pada tangan dan kaki. Jadi segera berkonsultasilah pada dokter bila rasa pegal pada tangan dan kaki ini terjadi terus-menerus walaupun Anda tidak sedang melakukan pekerjaan yang berat bisa jadi itu karena penumpukan kolesterol pada darah.

4. Rasa nyeri pada dada

Bila Anda mengalami rasa nyeri pada dada sebelah kiri yang terasa seperti ditusuk-tusuk jarum dan menjalar hingga leher berarti ini adalah tanda terjadinya serangan jantung. Inilah dampak paling berbahaya dari tingginya kadar kolesterol pada darah. Sebelum mengalami mimpi buruk ini lakukan check up secara teratur untuk mengetahui secara detail kondisi kesehatan Anda. (Baca juga: Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung)

Demikianlah ulasan tentang dampak negatif kolesterol menumpuk berikut gejala-gejalanya untuk menambah wawasan Anda tentang kesehatan. Pada berbagai referensi dan info kesehatan sebagai langkah antisipasi dari kondisi ini adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat. Mulai saat ini konsumsilah lebih banyak bahan makanan alami dengan porsi yang lebih besar pada menu makan harian Anda yaitu sayuran dan buah-buahan segar yang kaya vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Paling tidak konsumsilah 3 macam buah dan sayuran setiap hari dengan warna yang berbeda-beda. Nah, semoga bermanfaat!.

Baca juga : 4 Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Membahayakan. Waspadalah!

(Visited 385 times, 1 visits today)