WASPADA ! Ini Cara Kenali Ciri-Ciri Krim Pemutih Berbahaya

Posted on

Stereotype yang hingga saat ini berkembang di masyarakat bahwa wanita yang dianggap cantik itu adalah wanita dengan kulit yang putih. Tak heran jika produk krim pemutih sangat laris diminati oleh sebagian besar wanita di Indonesia. Hal ini sebenarnya tak menjadi masalah asalkan jangan sampai memilih krim yang berbahaya atau tak memiliki ijin edar resmi karena efeknya bisa membahayakan kesehatan. Seperti misalnya krim yang mengandung mercury bisa berdampak tak hanya iritasi tetapi juga membahayakan organ dalam kita seperti ginjal dan lever.

krim pemutih, tips memilih krim pemutih yang aman, cara mengenali krim pemutih yang berbahaya

Karakteristik krim pemutih berbahaya

Dalam memilih krim untuk mencerahkan wajah hendaknya Anda cukup bijaksana dan cermat. Jangan mudah terpengaruh dengan promosi produk yang menjanjikan hasil instan. Itu adalah tips memilih krim pemutih yang aman yang paling mudah untuk diterapkan. Selanjutnya, ulasan tentang karakteristik krim pemutih yang berbahaya berikut ini dapat menjadi referensi bagi Anda.

  1. Tak memiliki izin dari BPOM atau lembaga resmi lainnya

Jangan mudah percaya dengan nomor registrasi yang tertera pada kemasan produk krim pencerah atau pemutih wajah karena bisa saja nomor tersebut palsu. Untuk itu sebelum memutuskan untuk merawat kulit Anda dengan krim tertentu cobalah untuk mengecek nomor registrasi pada kemasan pada situs resmi BPOM.

  1. Mengkilap

Cara mengenali krim pemutih yang berbahaya berikutnya adalah warnanya kuning mencolok atau putih serta mengkilap. Kilap tersebut bisa berasal dari bahan pewarna yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Tidak tercampur

Ciri –ciri krim pemutih abal-abal adalah bila didiamkan dalam waktu yang lama bagian padat dengan bagian berminyaknya akan terpisah karena dalam pembuatannya dicampur dengan bedak. Tekstur krim juga terasa lengket pada kulit.

  1. Bau menyengat

Bila Anda membeli krim pencerah kulit di internet dan mendapati bau yang menyengat pada produk tersebut, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mencobanya. Bau tersebut bisa bersumber dari aroma logam mercury yang tajam dan berusaha disamarkan dengan parfum yang banyak.

  1. Menimbulkan iritasi

Bila Anda telanjur menggunakan krim pencerah wajah tertentu dan merasakan rasa pedih atau gatal pada kulit maka segera hentikan pemakaian dan segera buat janji dengan dokter kulit sebelum mengalami akibat terburuk.

  1. Kulit merah saat terpapar matahari

Kulit kita mempunyai lapisan pelindung agar tak terbakar saat terkena paparan langsung sinar matahari. Beberapa krim dengan kandungan keras akan merusak lapisan tersebut sehingga kulit akan kemerahan, pedih, dan sakit saat terkena sinar matahari.

  1. Memberikan hasil instan

Anda patut curiga bila krim pencerah atau pemutih wajah sanggup memberikan hasil instan dalam hitungan hari atau minggu saja. Hal ini justru berbahaya karena bahan kimia yang mampu memberikan efek tersebut membawa dampak buruk bagi organ dalam kita. Bila digunakan terus-menerus krim ini akan merusak kulit sehingga menjadi semakin tipis.

Nah, demikianlah beberapa karakter krim pemutih berbahaya yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih produk perawatan kulit. Semoga bermanfaat!

(Visited 5,965 times, 1 visits today)