Wisata Kuliner Di Pulau Tidung Dan Belanja Oleh-Oleh

Posted on

Acakadul.com – Jika mendengar kata Pulau Tidung pasti pada benak kebanyakan orang yang terlintas adalah wisata pantai, berenang, serta bermain dengan wahana air. Tetapi sesungguhnya di pulau cantik yang tak terlalu jauh dari ibukota ini Anda juga dapat melakukan wisata kuliner serta membeli oleh-oleh yang lezat terutama bagi penggemar seafood alias hidangan laut. Berikut ini adalah informasi tentang wisata kuliner di Pulau Tidung untuk Anda.

Wisata Kuliner Di Pulau Tidung Dan Belanja Oleh-Oleh
Wisata Kuliner Di Pulau Tidung Dan Belanja Oleh-Oleh

Wisata kuliner di Pulau Tidung

Di sekitar pantai terdapat banyak warung tenda yang menyediakan hidangan laut segar seperti udang, ikan, kepiting, serta cumi-cumi atau sotong yang akan langsung diolah sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu setelah liburan usai dan Anda hendak kembali ke domisili Anda masing-masing Anda juga dapat membawa pulang oleh-oleh yang merupakan penganan khas dengan bahan baku dari hasil laut. Di Pantai Tanjongan Timur Anda akan banyak menemui penjual oleh-oleh ini.

Makanan khas yang menjadi ikon wisata kuliner di Pulau Tidung adalah otak-otak ikan tenggiri yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang lembut lalu diolah dengan dicampur bumbu-bumbu untuk menambah citarasa. Setelah itu adonan otak-otak dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Pada umumnya para wisatawan menikmati otak-otak lezat ini dengan atau tanpa nasi sambil menikmati deburan ombak di tepi pantai. Untuk minumannya tentu yang paling cocok adalah es kelapa muda yang segar. oleh-oleh khas Pulau Tidung yang dapat Anda bawa pulang adalah:

  • Kerupuk cue

Kerupuk yang mirip empek-empek ini terbuat dari tepung sagu dan campuran daging ikan segar. Agar lebih sedap disantap, kerupuk yang diolah dengan cara digoreng atau dikukus ini sebaiknya dicocol dengan mumbu kacang.

  • Kerupuk ikan

Hampir sama seperti kerupuk cue, kerupuk ikan juga diolah dari tepung sagu dan ikan segar hanya saja dipotong lebih tipis agar semakin renyah saat digoreng.

  • Kerupuk sukun

Selain dapat membeli oleh-oleh makanan ringan yang terbuat dari bahan baku ikan, Anda juga dapat membawa pulang keripik lezat yang diolah dari buah sukun. Snack yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga sambil menonton televisi atau mengobrol.

Nah, siap mencoba wisata kuliner di Pulau Tidung? Semoga bermanfaat!

(Visited 725 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.