Yuk Ketahui Bahaya Penyakit Diabet Dan Kolesterol

Posted on

Bahaya Penyakit Diabet Dan Kolesterol – Penyakit kencing manis atau diabetes adalah gangguan kesehatan yang disebabkan tingginya kadar gula darah yang bersumber dari pola makan yang kurang sehat. Bila kondisi tersebut terjadi secara terus-menerus maka organ pankreas tak sanggup lagi memproduksi insulin untuk mencerna gula tersebut. Kadar gula yang berlebihan akan melemahkan tubuh dalam menjalankan berbagai aktifitasnya. Inilah bahaya diabet bagi tubuh kita.

bahaya diabet dan kolesterol, bahaya diabet, bahaya kolesterol

Penyakit diabetes sering menimbulkan beragam komplikasi penyakit yang bisa membahayakan keselamatan pengidapnya.

Inilah beberapa jenis penyakit tersebut:

  1. Penyakit jantung

Bila kadar gula darah tak terkendali penyakit jantung bisa menjadi ancaman bagi nyawa penderita diabetes.

  1. Kerusakan sistem syaraf

Kadar gula darah yang terlalu tinggi berpotensi untuk merusak dinding pembuluh darah dan lambat-laun akan kehilangan fungsinya untuk menunjang gerak tubuh.

  1. Kerusakan mata

Bahaya diabet berikutnya adalah mengganggu sistem syaraf pusat yang akan berpengaruh kepada kornea dan lensa mata.

  1. Gangguan ginjal

Komplikasi diabetes yang tak kalah gawat berikutnya dalah menyebabkan menurunnya kinerja ginjal dan terakhir akan membuat ginjal kehilangan fungsinya atau gagal ginjal.

  1. Amputasi

Kerusakan syaraf yang tak dapat diatasi lagi kadang menyebabkan bagian yang jaringannya tak dapat diselamatkan harus dipotong atau diamputasi.

Selain akibat di atas, diabet bisa memicu komplikasi lainnya seperti infeksi kulit, gangguan pencernakan, hingga pikun atau demensia akibat terganggunya sistem memori pada otak.

Baca : 4 Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Membahayakan. Waspadalah!

Selain diabet, penyakit yang sering menyerang individu dengan pola makan yang kurang sehat adalah kolesterol. Dampaknya tentu juga berbahaya bagi tubuh. Kolesterol yang dimaksud di sini adalah kolesterol jahat atau LDL. Sumber dari kolesterol ini sekali lagi adalah dari makanan. Bahaya kolesterol LDL yang terlalu tinggi dalam darah berpotensi membentuk endapan yang kemudian membeku dan menyumbat pembuluh darah.

Bila yang mengalami sumbatan adalah pembuluh darah jantung, maka yang bersangkutan akan terserang penyakit jantung koroner, sementara bila sumbatan tersebut terjadi pada otak maka penderita akan mengalami serangan stroke. Kedua jenis serangan ini sering terjadi secara mendadak dan tak jarang berakibat fatal bahkan pasien bisa sampai kehilangan nyawa.

Satu-satunya cara untuk mengantisipasi kedua kondisi tersebut adalah memulai pola hidup sehat sedini mungkin. Konsumsilah makanan dengan diet seimbang yang kaya serat. Makanan yang kaya lemak dan kolesterol boleh saja disantap sesekali dalam konteks rekreasional. Untuk menu harian sebaiknya usahakan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan lebih banyak porsi sayuran dan buah. Konsumsi pula air putih dalam jumlah yang direkomendasikan dan berolahragalah secara teratur. Selain itu usahakan untuk cukup beristirahat serta menghindari stres atau tekanan yang terlalu berat.

Baca juga : Inilah Rekomendasi Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Kencing Manis

Nah, demikianlah sekilas tentang bahaya penyakit diabet dan kolesterol dan solusi mengatasinya. Jangan lupa share artikel ini agar membawa manfaat bagi orang-orang terdekat Anda juga.

(Visited 79 times, 1 visits today)