Cara Membedakan Uang Palsu Dengan Yang Asli

Posted on

Cara Membedakan Uang Palsu Dengan Yang Asli – Peredaran uang palsu dari oknum yang tak bertanggung jawab saat ini di masyarakat telah semakin memprihatinkan. Untuk itu kita juga perlu membekali diri dengan mengenali ciri-ciri uang palsu sebagai tindakan antisipasi agar tak menjadi korban para penipu. Tentu saja banyaknya uang ilegal yang beredar di masyarakat ini akan sangat merugikan. Inilah tips untuk mengenalinya bagi Anda terutama bagi para pedagang yang tidak memiliki alat pendeteksi uang aspal di antara uang yang asli.

Tanda-tanda uang palsu

Sebagai cara mengenali uang palsu ada 3 metode sederhana yang dapat kita coba dan itu disebut sebagai 2 D atau dilihat, diraba, dan diterawang. Demikian adalah penjelasannya untuk Anda.

uang palsu, cara mengenali uang palsu, ciri-ciri uang palsu

Dilihat

Perhatikan dengan teliti dan dengan mudah Anda akan mengenali bahwa warna uang kertas palsu tak sebagus, setajam, dan serapi uang asli. Hal ini karena pada produksi uang yang asli digunakan tinta dengan pigment khusus. Selain itu penggunaan teknik optical variable x akan membuat warna uang terlihat berubah-ubah bila diamati dari sudut pandang yang berbeda-beda. Pada uang asli juga terdapat benang pengaman yang tak akan Anda temui pada uang kertas palsu. Bagian benang pengaman ini juga akan terlihat berubah-ubah warna.

Diraba

Ciri-ciri uang palsu berikutnya adalah bila kertas diraba maka akan terasa halus, sementara pada uang asli teksturnya lebih kasar karena dicetak dengan tinta yang khusus. Pada bagian lambang negara bila diraba Anda juga akan merasakan perbedaannya dengan bagian yang lain yaitu lebih kasar. Pada uang kertas palsu tak terdapat mesin yang presisi untuk menghasilkan produk yang demikian.

Diterawang

Bila diterawang pada sinar matahari, pada uang asli akan terlihat tanda air yang dicetak dengan teknik sablon tertentu sehingga permukaan kertas menjadi timbul. Inilah sebabnya saat diraba Anda akan merasakan tekstur yang kasar. Hal ini tak mungkin dilakukan pada uang palsu karena hanya dicetak dengan tinta sablon. Sementara bila dibandingkan dengan yang asli akan membentuk efek 3 dimensi.

Agar lebih jelas antara perbedaan uang asli dengan yang aspal, berikut ini adalah karakteristik uang asli untuk Anda.

  1. Terdapat tanda air atau watermark serta electrotype yang dapat diketahui dengan cara diterawang pada sinar matahari.
  2. Benang pengaman

Yang dimaksud dengan benang pengaman adalah benang yang ditanam di tengah ketebalan kertas dan tampak seperti anyaman.

  1. Cetak Intaglio

Cetakan ini terasa kasar bila diraba

  1. Gambar saling isi

Cetakan gambar pada uang kertas terlihat saling mengisi dan beradu tepat pada bagian depan dan belakang.

  1. Tinta berubah warna

Bila diterawang tinta pada uang asli akan terlihat berubah-ubah warna.

  1. Tulisan kecil

Tulisan pada uang kertas asli dicetak sangat kecil (micro text) dan hanya bisa dibaca dengan lup.

  1. Tinta tak tampak

Tinta yang tak kasat mata akan terlihat berpendar bila disinari dengan ultraviolet.

Nah, semoga ulasan tentang karakteristik uang palsu serta cara membedakannya dengan yang asli berikut ini bisa menambah wawasan Anda.

(Visited 534 times, 1 visits today)