Dampak Buruk Suami Malas Bekerja

Posted on

Dampak Buruk Suami Malas Bekerja – Idealnya dalam rumah tangga pihak yang bekerja mencari nafkah untuk keluarga adalah suami atau ayah. Tetapi karena satu dan lain hal peran tersebut berganti yaitu ibu atau istri yang berperan sebagai tulang punggung keluarga. Hal ini tentu menimbulkan dampak yang salah satunya adalah stigma negatif kepada kepala keluarga, seperti misalnya suami malas bekerja atau menggantungkan hidup kepada pasangannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu dampak negatif dari kondisi tersebut.

Dampak negatif suami malas bekerja

Stigma negatif yang dialamatkan kepada suami sesungguhnya bukan merupakan hal yang dapat dikatakan keliru apalagi bagi masyarakat Asia kultur yang telah menetapkan tugas pencari nafkah adalah pada pria dan bukan wanita. Inilah beberapa hal yang berpotensi terjadi akibat keadaan tersebut.

suami malas bekerja, dampak dari suami malas bekerja, cara mengatasi malas bekerja
Ilustrasi suami yang bermalas-malasan
  • Menjadi penyebab pertengkaran

Bila suami memang harus tinggal di rumah sementara karena kehilangan pekerjaannya misalnya karena PHK, hal ini tentu masih dapat ditolerir. Tetapi lain halnya bila suami memang mempunyai sifat malas dan lebih suka bersantai di rumah daripada bekerja mencari nafkah. Kondisi demikian ini akan mudah memicu pertengkaran karena saat tinggal di rumah pun suami akan enggan membantu mengurus rumah tangga dan anak-anak.

  • Memicu depresi

Dampak dari suami malas bekerja yang berikutnya adalah memicu rasa stres dan depresi pada  diri pribadi yang bersangkutan karena merasa tersudut oleh stigma negatif dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu dibutuhkan motivasi dan dukungan dari pasangan secara moril agar suami bersedia untuk bekerja agar gosip tentangnya dari masyarakat bisa teratasi.

  • Merasa mendapat kutukan

Kondisi tak bekerjanya kepala keluarga sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya tak selalu karena yang bersangkutan memang tak ingin atau malas bekerja. Penyebab lain yang mungkin menjadi pemicunya adalah menderita sakit parah dan berkepanjangan atau dipecat dari tempat kerjanya. Inilah yang membuatnya meratapi nasib dan merasa mendapat kesialan, apalagi bila kemudian ia harus mengurus rumah tangga sementara sang istri membanting tulang.

  • Perceraian

Kondisi terburuk dari keadaan yang terjadi pada suami tersebut adalah berakhirnya pernikahan atau bercerai. Hal ini bisa dipicu karena istri sudah tak tahan harus menanggung beban pembiayaan rumah tangga seorang diri terutama bila mata pencahariannya tergolong kurang memberikan gaji yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup.

Salah satu solusi cara mengatasi malas bekerja pada suami adalah dengan terus mendukung suami dan memotivasinya agar bersedia memenuhi peranannya. Bila yang bersangkutan enggan bekerja di kantor karena tak suka diperintah, doronglah ia untuk membuka bisnis sendiri. Agar suami termotivasi dan bersedia menjalankan bisnisnya dengan penuh semangat Anda bisa mencari ide bisnis yang dimulai dari hobby. Dengan demikian suami tidak merasa sedang bekerja tetapi sedang bersenang-senang.

Baca juga : Contoh Bisnis Bermodal Kecil Dengan Keuntungan Besar

Demikianlah ulasan tentang efek negatif bagi suami malas bekerja. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

(Visited 523 times, 1 visits today)