Haid Tidak Lancar: Apa Penyebabnya?

Posted on

Setiap bulannya, wanita selalu diberi jatah untuk mengalami menstruasi bagi mereka yang masih berada di masa subur. Namun datangnya hadi seringkali tidak teratur dan meleset dari jadwal sehingga mereka harus merasakan nyeri berkepanjangan. Haid tidak lancar akan mengganggu aktivitas dan juga membuat emosi tidak akan terkontrol. Namun sedikit orang yang mengetahui penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Haid Tidak Lancar

Terdapat beberapa penyebab haid tidak lancar yang perlu diketahui oleh wanita sehingga bisa mencari jalan keluar untuk mengatasinya yaitu:

haid tidak lancar, penyebab haid tidak lancar, penyebab haid tidak lancar dan cara untuk mengatasinya

  • Berat badan

Naiknya berat badan maupun menurunnya secara drastis membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan berubah-ubah. Hal ini disebabkan karena berat badan yang mengalami peningkatan akan menyebabkan gangguan tiroid. Gangguan tiroid memang sering terlihat pada wanita sehingga membuat tubuh menjadi lebih lemas bahkan menyebabkan nyeri berlebih. Untuk bisa menjaga agar menstruasi tetap lancar, maka asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga harus diatur dengan baik seperti mengurangi makanan berlemak dan perbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah. Selanjutnya Anda juga harus menjaga pola makan dengan makan secara teratur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan meskipun Anda memiliki kesibukan yang sangat banyak. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar lemak berkurang dan tidak menghambat hormon haid.

Baca juga : (5 Langkah Mudah Menghilangkan Lemak Tubuh)

  • Stres berlebih

Mungkin jarang disadari oleh wanita jika stres menyebabkan periode menstruasi menjadi terhambat. Sebagai contoh stres akibat pekerjaan di kantor mendekati UAS, kehilangan orang yang disayang, kehilangan pekerjaan akan menyebabkan pendarahan menjadi tidak teratur karena pada saat bersamaan, tubuh memproduksi hormon stres yang nantinya akan mempengaruhi keluarnya hormon haid. Stres akan benar-benar berpengaruh pada Hypothalamus padahal itu merupakan salah satu bagian dari otak yang nantinya akan mengatur periode haid sehingga nantinya hormon tak lancar. Untuk mengatasinya, maka cobalah untuk mengurangi stres berlebihan dan membuat diri Anda menjadi lebih santai dari sebelumnya. Cobalah sejenak bersantai dan tidak memikirkan pekerjaan. Lakukan hal yang menyenangkan dan ampuh untuk menghilangkan stres agar bisa kembali melakukan aktivitas dengan lancar dan menyenangkan.

Baca juga : (Tips Mengatasi Mentruasi Tidak Lancar)

  • Jamur ataupun penyakit

Penyebab haid tidak lancar dan cara untuk mengatasinya yang lain adalah jamur atau penyakit. Kebersihan organ intim wanita patut dijaga mengingat bagian tersebut merupakan bagian paling mudah dihinggapi oleh bakteri maupun jamur sebab organ reproduksi adalah tempat lembab. Jika hal ini dibiarkan, maka penyakit akan muncul seperti kelainan rahim maupun kista. Apabila ditemukan penyakit pada bagian tertentu, maka hal ini akan menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Sebaiknya selalu jaga kebersihannya dengan menggunakan sabun antiseptik ataupun menggunakan celana dalam yang kering dan bersih agar kondisi kelembaban dari organ intim dapat terjaga dengan baik.

Setelah Anda mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak lancar beserta dengan cara mengatasinya, maka Anda akan memiliki referensi untuk mengatasi periode atau siklus menstruasi yang sering berubah-ubah.

(Visited 227 times, 1 visits today)