Hindari Makanan Dan Minuman Ini Agar Bebas Dari Kanker

Posted on

Ada yang mengatakan bahwa 90% penyakit bersumber dari perut sehingga untuk menjaga kesehatan kita harus memperhatikan asupan makanan. Hal ini juga berlaku untuk penyakit mematikan yaitu kanker walaupun penyebabnya belum diketahui secara jelas tetapi konsumsi makanan dan minuman tertentu ternyata berpotensi memperbesar peluang terjadinya kanker.

makanan penyebab kanker, minuman penyebab kanker, penyebab kanker

Makanan dan minuman pemicu kanker

Inilah beberapa jenis bahan pangan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dengan bijaksana atau bila memungkinkan dihindari sama sekali.

 

Daging merah

Yang dimaksud daging merah adalah daging yang sebelum diolah warnanya berwarna merah seperti misalnya daging domba, sapi, atau kambing. Walaupun merupakan sumber protein, seng, dan zat besi yang baik tetapi mengonsumsinya terus-menerus dalam jumlah yang besar ternyata berkolerasi dengan peningkatan resiko terjadinya kanker usus. Produk olahan daging seperti sosis, ham, serta daging asap sudah termasuk dalam kategori bahan karsinogenik atau penyebab kanker yang setara dengan rokok serta alkohol. Setiap konsumsi 50 gram daging olahan akan meningkatkan resiko terjadinya kanker usus hingga 18%. Sebagai sumber protein Anda disarankan lebih banyak mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan telur.

 

Makanan kemasan

Sebagian makanan pabrikan yang telah melalui pemrosesan panjang seperti chips atau keripik kentang juga dicurigai dapat memicu kanker. Hal ini karena zat akrimilda yang terbentuk saat bahan pangan tinggi karbohidrat atau mempunyai kandungan tepung dan gula digoreng atau dpanggang. Belum lagi kemasan snack tersebut yang terbuat dari vinil klorida yang memang bersifat karsinogenik atau bisa memicu kanker.

 

Bahan kimia tambahan dalam makanan

Beberapa bahan kimia yang sering ditambahkan dalam makanan olahan juga dicurigai memicu kanker walaupun saat ini masih dalam perdebatan. Bahan-bahan tersebut antara lain pemanis buatan Aspartam, sakarin, sodium benzoat sebagai pengawet, benzene atau sodium benzoat yang dipadukan dengan vitamin C, serta sodium nitrit yang sering digunakan pada daging yang diawetkan. Bahan kimia ini diduga berkolerasi atas meningkatnya resiko terserang kanker lambung.

 

Minuman beralkohol

Konsumsi minuman keras dalam jumlah berlebihan seperti misalnya pada pecandu alkohol akan meningkatkan resiko timbulnya kanker tenggorokan, mulut, payudara, usus, serta kanker hati.

Anda bisa mengurangi resiko terjangkit penyakit kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian. Konsumsilah hidangan yang melalui proses pengolahan seminimal mungkin. Sayur, biji-bijian, dan buah-buahan seharusnya menjadi porsi terbesar dalam menu hidangan Anda sehari-hari. Kandungan enzim hidup dalam bahan alami tersebut selain akan mencukupi kebutuhan nutrisi juga akan menjaga kondisi tubuh menjadi basa, yaitu lingkungan dimana sel kanker tak dapat berkembangbiak.

Batasilah konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi seperti soda, kue, atau biskuit. Berhenti merokok sesegera mungkin, hindari alkohol sama sekali, dan berolahragalah secara teratur maka anda bisa terhindar dari kanker. Nah, semoga bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

(Visited 28 times, 1 visits today)