Inilah 5 cara berbelanja aman melalui online

Posted on

Berdasarkan survey Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang masyarakatnya paling gemar berbelanja online. Tentu saja ada dampak positif serta negatif yang terjadi atas kondisi ini. Dampak positifnya tentu adalah menyuburkan perekonomian pada sektor ekonomi kreatif dengan melariskan berbagai online shop dalam negeri tentunya. Tetapi dampak negatif yang juga kerap menimpa konsumen online adalah menjadi korban para penjahat cyber. Berikut ini adalah cara berbelanja aman melalui online yang dapat menjadi panduan agar tak was-was saat belanja online.

Panduan cara berbelanja aman melalui online

Walaupun sering mendengar tentang kasus cyber crime pada berbagai media, tetapi Anda tak perlu apriori akan transaksi online. Inilah beberapa cara agar belanja online Anda tetap aman dan tak merugikan.

Inilah-5-cara-berbelanja-aman-melalui-online

1. Survey

Bila Anda ingin berbelanja pada online shop yang tak terlalu familiar, lakukan survey terlebih dahulu dengan memeriksa nomor telepon penjualnya dan hubungilah. Manfaatkan mesin pencari untuk mencari ulasan tentang online shop tersebut dari konsumen. Bila Anda merasa ada yang tidak beres sebaiknya tak perlu berurusan lagi dengan situs tersebut.

2. Cermati kebijakan situs web terhadap data pribadi

Jangan sampai pengelola situs suatu online shop diperbolehkan menyebarkan data pribadi Anda pada pihak lain. Selain itu ciri-ciri toko online terpercaya adalah berusaha menjaga kepercayaan pelanggan, sehingga online shop tersebut akan mengupayakan tak merugikan pelanggan. Meskipun demikian Anda tetap harus mencermati peraturan tentang pengembalian barang, sehingga bila barang yang dikirimkan cacat konsumen bisa mengirimkannya kembali dengan ganti rugi yang telah disepakati.

3. Jangan mudah tergiur barang murah

Bila sebuah online shop menawarkan produk bermerk dengan harga sangat murah atau diskon yang tak masuk akal, maka Anda seharusnya waspada dan bukannya tergiur. (Baca juga : Kenali 8 Ciri-ciri Penipuan Online

4. Hati-hati spammer

Jangan terburu-buru memberikan id dan password email Anda karena jatuh cinta pada tawaran produk dengan harga murah dari email. Ini bisa saja ulah spammer yang akan merugikan Anda.

5. Paypal, COD, atau transfer kirim

Toko online terpercaya tak akan menolak pembayaran dengan sistem rekening bersama atau cash on delivery karena toh tak ada ruginya bagi mereka asalkan produk laku di pasaran. Berbeda dengan online shop abal-abal yang menolak sistem pembayaran dengan pihak ketiga seperti contoh wester union karena mereka memang tak memiliki produk apa pun yang mereka tawarkan. Jadi sebaiknya Anda tak menerima transaksi dengan transfer langsung pada yang bersangkutan. Cara berbelanja aman melalui online yang terakhir adalah tak lalai menyimpan segala bukti transaksi untuk berjaga-jaga bila terjadi hal yang tak diinginkan sehingga Anda bisa melakukan complain. Nah, cukup mudah, bukan? Jadi tak perlu khawatir berbelanja online karena Anda tetap bisa melakukannya dengan aman.

(Visited 515 times, 1 visits today)